Pulau Punjung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) telah mendistribusikan logistik pemilu legislatif dan presiden 2019 untuk tujuh kecamatan dari 11 kecamatan di daerah itu.

"Sampai sore ini sudah tujuh kecamatan dan diterima masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," kata Sekretaris KPU Dhaasraya,Yenrizal Efendi di Pulau Punjung, Minggu.

Ia mengatakan tujuh kecamatan itu di antaranya, Kecamatan Timpeh, Kecamatan Asam Jujuhan, Kecamatan Koto Besar, Kecamatan Sungai Rumbai, Kecamatan Koto Salak, Kecamatan Tiumang, dan Kecamatan Padang Laweh.

KPU menargetkan pendistribusian logistik Pemilu dapat selesai hingga Senin (15/4). Pendistribusian logistik kemudian dari PPK menuju Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilakukan Selasa (16/4).

"Artinya surat suara berada satu malam di tingkat PPS nagari sebelum ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing," katanya.

Ia menambahkan logistik yang dikirim meliputi surat suara, bilik suara, kotak suara, spidol, id card, tinta dan kelengkapan TPS lainnya.

KPU Dharmasraya menargetkan angka partisipasi pemilih mencapai 80 persen atau melebihi target secara nasional 77,5 persen, tambah dia.

"Untuk mencapai ini, kami telah melakukan berbagai sosialisasi yang dikemas dalam bentuk lomba, konser musik, KPU Run dan sosialisasi Relawan Demokrasi," kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Doni Kartago.

Jumlah pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2) sebanyak 143.907 orang, terdiri pemilih laki-laki 72.338 dan pemilih perempuan 71.569 orang.

Lokasi pemungutan suara di Kabupaten Dharmasraya berjumlah 667 TPS tersebar di 11 kecamatan dan 52 nagari (desa adat), tambah dia.

Baca juga: KPU akan minta bantuan TNI guna mempercepat distribusi logistik
Baca juga: Distribusikan logistik pemilu, jalan kaki 2 hari 1 malam

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019