Jakarta (ANTARA) - Apa arti kata hati di tengah peredaran bola dunia bertajuk Milenial? Berpeganglah kepada kepercayaan diri agar mampu makin kompetitif, sebagaimana disebutkan secara gamblang oleh legenda Liverpool, Jamie Carragher.

Kepercayaan diri seperti apa dan bagaimana diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Silakan berhikmat kepada pernyataan Carragher ketika jelang laga antara Liverpool versus Chelsea yang diadakan di Stadion Anfield di kompetisi Liga Inggris, pada Minggu pekan ini.

Anda masih ragu bahkan mungkin saja melontarkan pertanyaan, apa itu kata hati? Kata hati itu demikian abstrak, kurang bisa dilihat dengan mata dan dipegang dengan tangan. Hanya saja, apakah memang realitas dunia, maksudnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari ini, terbatas kepada apa yang dirasakan dan dilihat dengan panca indera?

Kembali kepada Carragher. Ia tanpa ragu dengan kekuatan kata hati menegaskan bahwa Liverpool siap bahkan kokoh secara fisik dan mental untuk meraih gelar di Liga Inggris pekan ini.

Legenda The Kop itu menyebut "kepercayaan diri" menjadi kunci bagi pasukan asuhan Juergen Klopp dalam merespons tekanan Liverpool saat melawan Chelsea di Anfield, sebagaimana dikutip dari laman Manchester Evening News.

Carragher berkata kepada ECHO, "Hemat saya, setiap orang fit agar mampu tampil sekarang ini. Ini diperlukan dalam menjalani pertarungan di gelanggang musim ini."

"Ia dapat saja melakukan rotasi kalau memang diperlukan, dan tidak terlalu mempengaruhi tim secara keseluruhan. Kenyataannya, tim berada dalam kondisi bugar."

"Sekarang saya merasakan bahwa setiap personel siap bertarung. Saya beranggapan bahwa kami dalam posisi yang brilyan secara fisik dan mental," katanya.

"Saya merasa lebih percaya diri ketimbang gugup," katanya.

Lantas apa kata hati Carragher mengenai Liverpool? "Saya merasa bahwa Liverpool lebih percaya diri menghadapi laga melawan Chelsea. Liverpool bertanding di kandang. Saya beranggapan bahwa pertandingan ini harus kami menangkan," katanya.

Baca juga: Pemain-pemain Arsenal pengecut, kata Jamie Carragher

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019