counter

Menteri PUPR dinobatkan sebagai Warga Utama Pesisir Selatan

Menteri PUPR dinobatkan sebagai Warga Utama Pesisir Selatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M. Basoeki Hadimoeljono usai dinobatkan sebagai warga utama Kabupaten Pesisir Selatan. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

​​​​​​​Painan, Sumbar (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M Basoeki Hadimoeljono dinobatkan sebagai warga utama Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dalam rangkaian kegiatan hari jadi ke-71 kabupaten tersebut.

"Penobatan ini tidak terlepas dari besarnya perhatian pemerintah pusat terhadap pembangunan di Pesisir Selatan," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni usai rapat paripurna hari jadi kabupaten itu di Painan, Senin.

Ia menambahkan semenjak tiga tahun terakhir pemerintah pusat telah mengucurkan anggaran lebih dari Rp2 triliun, anggaran tersebut dialokasi untuk membangun jalan lintas sumatera Painan - Tapan dengan total anggaran Rp900 miliar, jalan di Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh dengan total anggaran Rp350 miliar.

Berikutnya Irigasi Sungai Batang Tarusan dengan total anggaran Rp350 miliar, pembangunan jalan Pasar Baru - Bayang dengan total anggaran Rp10 miliar, pembangunan rumah layak Rp59 miliar serta yang anggaran disalurkan melalui provinsi yang mencapai Rp477 miliar.

"Ini perhatian yang luar biasa dari pemerintah pusat, semoga kedepan lebih banyak lagi anggaran yang dialokasikan ke Pesisir Selatan," ujarnya.

Menurutnya masih banyak yang perlu dibangun di daerah itu mulai dari renovasi rumah tidak layak yang tercatat masih berjumlah 3.500 unit, berikutnya irigasi, jembatan, jalan dan lain sebagainya.

"Saya sudah berpesan kepada pak menteri agar beliau tidak bosan menerima proposal dari Pesisir Selatan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri M Basoeki mengungkapkan terima kasih atas penobatannya sebagai sebagai warga utama Kabupaten Pesisir Selatan.

"Hari ini selain sebagai seorang menteri dan juga sebagai "urang sumando" Pesisir Selatan saya juga dinobatkan sebagai warga kehormatan, saya ucapkan terimakasih," sebutnya.

Ia menyebutkan hal tersebut merupakan tanggungjawab baginya untuk bersama-sama membangun Pesisir Selatan kedepan.

"Dengan penobatan ini wajar rasanya jika nanti saya akan memberikan perhatian khusus terhadap Sumatera Barat khususnya Pesisir Selatan tanpa melengahkan provinsi dan daerah lain," ungkapnya.

Rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan dibuka oleh Ketua DPRD setempat, Dedi Rahmanto Putra dan hadiri oleh sejumlah pejabat pusat serta daerah dan tokoh masyarakat.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar