counter

Menlu Inggris kepada PM Jepang: kami hindari Brexit tanpa kesepakatan

Menlu Inggris kepada PM Jepang: kami hindari Brexit tanpa kesepakatan

Menteri Urusan Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris, Jeremy Hunt, berjabat tangan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (ka) pada undangan resmi di kediaman resmi terakhir di Tokyo, Jepang, Senin (15/4/2019). ANTARA FOTO/Kimimasa Mayama/Pool via REUTERS/djo/ama

Tokyo (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt pada Senin meyakinkan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bahwa pemerintah Inggris bertekad menghindari Brexit tanpa kesepakatan dari Uni Eropa.

"Kami mengakui bahwa Jepang memiliki banyak investasi yang memperkerjakan ratusan ribu orang di Inggris. Kami ingin kerja sama yang erat terus berlanjut," kata Hunt saat menemui Abe di kediamannya di Tokyo.

Jepang merupakan salah satu investor asing terbesar bagi Inggris, dengan memproduksi mobil dan produk lain di negara yang dipandang sebagai pintu gerbang utama ke pasar Eropa yang lebih luas.

Keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa meningkatkan kekhawatiran di London bahwa perusahaan Jepang akan mengalihkan operasinya di tempat lain jika perdagangan bebas tarif berakhir dengan sisa blok Eropa.

Dalam lawatannya, Hunt juga mengunjungi Toyota Motor Corp, yang bersama dengan Suzuki, berencana membuat model mobil baru di Inggris.

Sumber: Reuters

Baca juga: IMF: Penundaan Brexit hindari hasil yang mengerikan tanpa kesepakatan
Baca juga: Uni Eropa kepada Inggris: manfaatkan waktu perpanjangan Brexit
Baca juga: Prancis: Inggris mengarah pada "Brexit" tanpa kesepakatan

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar