counter

Logistik Pemilu masih menumpuk di gudang KPU Garut

Logistik Pemilu masih menumpuk di gudang KPU Garut

Petugas sibuk menyiapkan logistik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Gudang KPU Kab Garut, Jawa Barat, Senin (15/04/2019). (Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Sejumlah logistik seperti kotak suara termasuk surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 masih menumpuk di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, belum didistribusikan karena masih ada beberapa hambatan dalam pendistribusian ke sejumlah kecamatan di Garut.

"Kita masih ada aktivitas (menyiapkan pendistribusian logistik), kita harus selesai sampai besok (Selasa) pagi," kata Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaidin Basri usai rapat koordinasi dengan sejumlah instansi terkait di Markas Polres Garut, Senin.

Ia menuturkan, pendistribusian logistik Pemilu 2019 baru selesai terdistribusikan ke beberapa kecamatan sebesar 70 persen, sisanya masih dipersiapkan untuk segera didistribusikan.

KPU Garut, lanjut dia, masih harus menyiapkan beberapa logistik pemilu, seperti kotak suara dan penggantian surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang baru saja sampai di Garut.

"Ada penggantian surat suara pemilihan presiden yang saat ini sudah sampai, secepatnya akan didistribusikan," katanya.

Ia menyampaikan, petugas KPU Garut terus bekerja, bahkan ada yang sampai kurang tidur untuk menyelesaikan kebutuhan logistik pemilu ke masing-masing kecamatan.

Khusus kecamatan paling jauh seperti daerah selatan Garut, kata dia, semuanya sudah terdistribusikan, sisanya hanya kawasan perkotaan, termasuk daerah utara Garut.

"Saat ini yang belum terdistribusikan logistiknya seperti daerah Malangbong, Cilawu dan perkotaan Garut," katanya.

Ia memastikan pendistribusian surat suara dan kebutuhan logistik lainnya untuk pemilu akan tuntas terdistribusikan sebelum pelaksanaan pencoblosan pada 17 April 2019.

"Karena masalah pendistribusian ini bukan hanya di Garut saja, tapi nasional, namun dipastikan semuanya akan selesai pada waktunya," kata Junaidin.

Sementara itu, sejumlah pekerja di gudang logistik tampak sibuk merakit kotak suara, kemudian mengemas setiap surat suara untuk dimasukkan ke dalam kotak, selanjutnya disegel resmi berlogo KPU.

Logistik yang sudah dikemas ke dalam kotak suara langsung ditumpukan di tempat yang sudah disiapkan untuk selanjutnya dibawa menggunakan truk sesuai daerah tujuan masing-masing kecamatan.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KPU RI berhentikan sementara komisioner KPU Garut

Komentar