Jakarta (ANTARA) - Aktris Dian Sastrowardoyo ikut meramaikan aksi "rampok plastik" yang diadakan oleh Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) dan label tekstil Sejauh Mata Memandang (SMM)di Car Free Day, Minggu (14/4).

Rampok Plastik merupakan aksi meminta kantong plastik sekali pakai yang dibawa oleh publik untuk ditukarkan dengan tas pakai ulang ramah lingkungan yang telah disediakan oleh penyelenggara.

Aksi ini juga didukung oleh Plaza Indonesia, Pertemanan Sehat, Mata Studio diikutsertai oleh #SahabatDisas.

Dengan titik kumpul di Plaza Indonesia, dalam 40 menit berhasil terkumpul 1000 kantong plastik yang telah ditukarkan dengan 450 tas pakai ulang.

Selain Dian, aksi ini juga dilakukan oleh Creative Director dan Founder SMM Chitra Subyakto serta Direktur Eksekutif GIDKP Tiza Mafira.

“Kesadaran akan menjaga bumi dari sampah berlebih harus dilakukan melalui pendekatan personal, yang bertujuan mengubah pola konsumsi setiap pribadi agar lebih ramah lingkungan,” ujar Tiza Mafira dalam siaran pers, Selasa.

Semua kantong plastik yang terkumpul akan menjadi bagian dari pameran Sejauh Mata Memandang yang akan diselenggarakan mulai 22 April 2019 di Plaza Indonesia, berkaitan dengan Hari Bumi Internasional.

“Aksi Rampok Plastik ini akan dilakukan secara berkala dan menjadi bagian dari kegiatan kami, yaitu pameran dan peluncuran koleksi,” tambah Chitra Subyakto.

Kedepannya GIDKP dan SMM akan mengadakan berbagai kolaborasi yang bertujuan mengubah pola konsumsi masyarakat untuk mengurangi sampah plastik yang kian membahayakan kesehatan bumi.

Baca juga: Ikut tren diet kantong plastik itu mudah

Baca juga: Perangi sampah plastik, AS hibahkan Rp18 miliar ke CSO

Baca juga: Gaya hidup minim sampah bukan sekadar diet plastik

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019