Surplus neraca perdagangan mestinya bisa menjadi sentimen positif penguatan rupiah
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta diprediksi bergerak menguat sehari jelang gelaran pemilihan umum (pemilu) 2019.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih di Jakarta, Selasa, mengatakan rupiah berpotensi bergerak positif didorong sentimen domestik yaitu suplusnya neraca perdagangan Maret 2019 yang dirilis Senin (15/4) lalu.

"Surplus neraca perdagangan mestinya bisa menjadi sentimen positif penguatan rupiah," ujar Lana.

Neraca perdagangan Indonesia pada Maret 2019 mengalami surplus 540 juta dolar AS atau lebih tinggi dari posisi surplus Februari 2019 sebesar 330 juta dolar AS. Surplus neraca perdagangan dipicu oleh menurunnya jumlah impor, terutama impor bahan baku dan penolong.

Namun pada periode Januari-Maret 2019, neraca perdagangan Indonesia masih mengalami defisit 190 juta dolar AS. Defisit tersebut karena neraca perdagangan nonmigas mengalami surplus, sedangkan neraca perdagangan migasnya defisit.

Dari eksternal, sentimen datang dari neraca perdagangan China pada Maret 2019 yang tercatat surplus. Surplus tersebut dipicu optimisme global yang membaik, ditambah sentimen positif dari potensi kesepakatan perang dagang dengan AS dan berakhirnya faktor musiman Tahun Baru China (Lunar New Year).

"Kemungkinan ekspor China khususnya ke Amerika Serikat (AS) kembali membaik seiring dengan kesepakatan dagang yang mendekati final," kata Lana.

Rupiah pagi ini bergerak menguat tiga poin atau 0,02 persen menjadi Rp14.060 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp14.063 per dolar AS.

Baca juga: Analis: IHSG menguat oleh sentimen ekstenal, pasar tunggu pilpres

Baca juga: Dolar AS melemah di tengah meningkatnya pound sterling

Baca juga: Harga emas turun tipis dipicu permintaan aset yang aman lemah


 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019