Magelang (ANTARA) - Cottage Dagi Abhinaya di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menawarkan tempat yoga yang representatif kepada para wisatawan.

Kepala Project Bisnis Dagi Abhinaya Prasasti Ruri Agastya di Magelang, Selasa (16/4), mengatakan Dagi Abhinaya menawarkan paket yoga yang lokasi dan atmosfer di sini sangat tepat untuk melakukan Yoga.

"Kondisi alamnya sangat mendukung sehingga kami pastikan tamu benar-benar merasa rileks. Komitmen inilah yang selalu kami jaga dalam pelayanan terhadap tamu," kata Ruri.

Selain venue dan atmosfer yang mendukung, katanya, paket yoga yang ditawarkan Dagi Abhinaya dilengkapi dengan instruktur yoga dan "healthy food".

Yoga dalam bahasa Sanskerta berarti penyatuan yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta". Yoga menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa, di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Kegiatan Yoga dilakukan agar memiliki jiwa yang tenang dan damai, menjaga tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Tujuan utama Yoga adalah untuk mencapai Samadhi, yakni keadaan di mana pikiran menjadi terpusat. Selain itu, Yoga juga bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

Menurut Ruri kegiatan yoga ini juga dapat ditemukan pada relief Lalitavistara Candi Borobudur.

"Paket yoga yang kami tawarkan berbeda. Kami menyisipkan pesan edukasi yang terpahat pada relief Lalitavistara Candi Borobudur tentang meditasi. Dagi Abhinaya berada di lingkungan cagar budaya kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, tentunya kami juga mengambil inspirasi dari relief-relief yang ada, kemudian kami aplikasikan dalam kegiatan-kegiatan positif seperti yoga," katanya.

Ia menuturkan lingkungan dan atmosfer tempat untuk melakukan kegiatan yoga menjadi elemen yang sangat penting. Tentunya dibutuhkan tempat yang sarat dengan ketenangan dan kondisi alam yang mendukung.

Ia menyampaikan Dagi Abhinaya yang berada di atas bukit dilengkapi dengan penginapan ini memiliki udara yang sejuk menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan kegiatan yoga.

"Didukung dengan kondisi alam terbuka yang didominasi rumput hijau dan pepohonan. View Candi Borobudur yang berpadu dengan perbukitan menoreh berselimut kabut semakin menyempurnakan kegiatan yoga di Dagi Abhinaya," katanya. 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019