Jakarta (ANTARA) - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 011 di Komplek Patra Jasa, Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, tempat Menteri BUMN Rini Soemarno akan mencoblos sudah dipadati antrean pemilih.

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan, para pemilih sudah mulai mengantre di TPS sejak pukul 08.00 WIB.

Menteri BUMN Rini Soemarno dijadwalkan akan melakukan pencoblosan surat suara di TPS 011.

Menteri Rini sendiri terdaftar dalam daftar pemilih tetap TPS 011 di urutan no.57 dan dijadwalkan akan melakukan pencoblosan surat suara sekitar pukul 08.30 atau 09.00 WIB.

Selain Menteri BUMN Rini Soemarno, beberapa Menteri dari Kabinet Kerja yang memberikan hak suaranya yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Suhadi di TPS Komplek Widya Chandra, Menteri Keuangan Sri Mulyani di TPS 77 Bintaro, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di TPS 20 Pancoran, serta Menteri ESDM Ignasius Jonan di TPS 99 Cipete Utara.

Pada Rabu, 17 April 2019 masyarakat Indonesia memberikan hak suaranya dengan melakukan pencoblosan surat suaranya di TPS masing-masing untuk memilih calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR RI, Provinsi, Kota/Kabupaten dan calon anggota DPD.

Pemilu pada 17 April 2019 juga telah ditetapkan sebagai hari libur nasional melalui Keputusan Presiden RI Nomor 10 Tahun 2019 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 Sebagai Hari Libur Nasional.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan bahwa pemerintah telah menetapkan pada tanggal 17 April 2019 sebagai hari libur nasional yang spesifik ditujukan agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.

KPU RI juga mengingatkan agar tidak ada pihak yang menghalangi warga negara yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS pada 17 April.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019