Pontianak (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmijdi mengharapkan masyarakat bisa bersabar menunggu hasil perhitungan suara yang ditetapkan oleh Pleno KPU, terkait hasil Pemilu 2019.

"Saya minta masyarakat bisa bersabar terkait hasil perhitungan cepat hingga sore nanti. Apapun hasilnya yang paling benar setelah penetapan pleno KPU, kita tunggu hasil akhirnya nanti," kata Sutarmidji, usai memberikan hak pilihnya di TPS 009 yang berada di Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat, Rabu.

Diketahui, Sutarmidji bersama keluarga terdaftar sebagai pemilih di TPS 009 yang berada di Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat. Semenjak pukul 08.00 Wib, TPS terlihat ramai didatangi warga dengan aktifitas pencoblosan.

Bang Midji, datang bersama istri, Lismaryani dan kedua anaknya untuk mencoblos.

Tiba di TPS orang nomor satu di Kalbar itu langsung mendaftar dan menerima lima kertas suara dan masuk ke bilik suara disusul istri dan kedua putrinya.
Usai mencoblos, ia sengaja memasukkan jari telunjuk dan kelingking ke dalam tinta.

"Selesai kewajiban mencoblos sebagai warga negara yang baik hari ini dan sudah menggunakan hak pilih saya," kata Sutarmidji.

Terkait isu akan ada dapur umum dan sebagainya, diakui Sutarmidji bahwa pemilu kali ini hanya heboh di media sosial saja sementara kenyataan berjalan aman dan lancar.

"Di medsos saja hebohnya isu akan ada dapur umum dan lainnya kenyataan lancar, masyarakat tenang-tenang saja," katanya.

Menurutnya, Kalbar menjadi salah satu kawasan dengan jumlah pemilih mencapai 75 persen. "Perkiraan saya jumlah partisipasi kita lebih dari 75 persen," tuturnya.

Terkait keamanan, ia menjelaskan jika Kalbar sejauh ini terpantau aman dan berharap masyarakat dapat terus menjaga situasi kondusif hingga hasil suara diumumkan dan ditetapkan oleh KPU.

"Kalbar insha Allah aman, dan tentu kita harus tetap menjaga situasi seperti ini hingga penetapan," kata dia.

Terkait hasil nanti, ia meyakini atas hasil dari upaya yang telah dilakukan maka semua harus menerima dengan lapang dada.

"Kita meyakini semua usaha sudah dilaksanakan dan siapapun nanti yang terpilih maka harus menjalankan visi misi yang dijanjikan. Termasuk mereka yang terpilih sebagai anggota DPD DPR DPRD, mereka wakil rakyat yang telah terpilih sehingga seluruh program yang direncanakan harus dilaksanakan," katanya.

 
Pewarta : Rendra Oxtora

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019