Jakarta (ANTARA) - Pemungutan suara di TPS 192 Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur berjalan aman dan lancar, sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) terlihat mengantre untuk melakukan pencoblosan surat suara Pemilu 2019, Rabu.

Warga binaan mulai ramai menyalurkan hak pilihnya pukul 08.00 WIB. Suasana antusias menyalurkan hak pilih tampak dari wajah warga binaan yang rela mengantre saat memasuki TPS.

Sesuai prosedur sebelum melakukan pencoblosan para pemilih harus menyerahkan formulir peserta pemilih. Untuk warga binaan kebanyakan menggunakan formulir A5.

Selama pencatatan data pemilih, warga binaan harus sabar menunggu giliran menyerahkan formulir pemilih.

Setelah petugas KPPS menerima dan mencatat formulir A5, pemilih langsung diarahkan kepada petugas yang menyerahkan surat suara. Sebelum diserahkan petugas menanyakan nama pemilih untuk memastikan surat suara diberikan kepada si pemilih.

Setelah mendapatkan surat suara, pemilih dapat langsung menuju bilik suara melakukan pencoblosan dan memasukkan surat suara kepada kotak suara, dan terakhir mencelupkan jari pada tinta.

Puti salah satu warga binaan yang ditemui Antara di dalam lapas antusias untuk mengikuti Pemilu 2019.

Ini kali pertama Puti mengikuti pemungutan suara di dalam lapas setelah menjalani masa tahanan dua tahun sebagai terpidana kasus narkoba.

"Ya sebagai warga negara yang baik harus menyalurkan hak pilihnya," jawabnya dengan nada antusias.

Puti juga teman kelas Yoga Jessica Wongso terpidana kasus pembunuhan kopi Vietnam di Lapas Pondok Bambu.

Sementara itu warga binaan lainnya yang ikut menyalurkan hak pilihnya menyebutkan tidak tau soal sosialisasi Pemilu.

"Saya taunya dari keluarga yang datang berkunjung, diingatkan supaya saya tidak lupa mencoblos," kata perempuan berbaju warna hitam itu.

Suasana pemungutan suara di TPS 192 Lapas Pondok Bambu berlangsung tertip. Pihak Lapas mendirikan tenda di lapangan volly bagian dalam lapas. Tenda cukup nyaman dan teduh bagi pemilih dan petugas KPPS.

Baca juga: Pemilih di Badung dapat tas belanja ramah lingkungan usai mencoblos
Baca juga: Antusiasme penyandang disabilitas mencoblos
Baca juga: Tahanan teroris nyoblos di Rutan PMJ dengan kawalan Densus 88

Pewarta: Laily Rachmawaty, M Arief Iskandar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019