Gresik, Jawa Timur (ANTARA) - Antusiasme warga di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, tepatnya di TPS 04, Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kebomas dalam menggunakan hak pilihnya atau nyoblos terlihat dengan menggunakan aneka kostum budaya, salah satunya Juba Mahkota Jatayu.

Salah seorang inisiator warga, Feni Hidayati di Gresik, Rabu mengatakan, kostum budaya yang digunakan warga, selain untuk menyukseskan Pemilu 2019 juga sebagai wujud apresiasi warga dalam melestarikan seni warisan leluhur.

Kostum budaya dengan mahkota dan sepasang Burung Jatayu itu, kata dia, sebagai lambang semangat warga Gresik dalam membuat batik dan melestarikannya hingga mancanegara.

Sontak, penampilan yang berbeda dari beberapa warga dalam menggunakan hak pilihnya itu menjadi pusat perhatian warga lain, sehingga sebagian ingin berebut untuk berswafoto.

Sementara itu, pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Gresik diikuti sebanyak 927.045 pemilih yang tercatat di DPT.

Rinciannya sebanyak 465.833 pemilih laki-laki dan 461.212 pemilih perempuan, dengan total 3.654 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 18 kecamatan.

Target partisipasi yang diharapkan KPU Gresik dalam pelaksanaan Pemilu 2019 bisa melebihi 77,5 persen, yang merupakan angka tingkat partisipasi sebelumnya.

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019