Jakarta (ANTARA) - Klub Liga 1 Indonesia PSM Makassar berhasil merebut puncak klasemen sementara Grup H Piala AFC 2019 setelah mengalahkan Kaya FC-Iloilo dengan skor 2-1 dalam laga terkini yang digelar di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina, Rabu.

Dipantau dari laman resmi AFC di Jakarta, Rabu, hasil tersebut membuat PSM mengoleksi delapan poin dari empat pertandingan Grup H.

Kaya FC yang sebelumnya di peringkat satu harus bergeser ke posisi kedua dengan mengantongi lima poin.

Kedua gol PSM di laga tersebut dicetak oleh Rizky Pellu (20') dan Eero Markkanen (24'). Kaya FC memperkecil kedudukan melalui tendangan penalti Jovin Bedic di menit ke-90+1.

Dalam pertandingan tersebut, PSM yang datang sebagai tim tamu tampil mendominasi lawannya.

Nama-nama seperti Willem Jan Pluim, Eero Markkanen, Marc Klok, Rizki Pellu dan M. Rahmat yang diturunkan pelatih PSM Darije Kalezic sejak menit pertama membuat pertahanan Kaya FC kesulitan.

Meski demikian, sejatinya pertandingan berjalan dengan tempo lambat khususnya di awal laga. Bola banyak berkutat di lini tengah yang membuat peluang kedua tim tidak banyak tercipta.

PSM akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-20 melalui gol sundulan Rizky Pellu yang memanfaatkan umpan silang Willem Jan Pluim dari dalam kotak penalti.

Gol pertama membuat PSM semakin beringas. Hasilnya, hanya berselang empat menit, skuat berjuluk Juku Eja tersebut menambah keunggulan melalui kaki kanan penyerang asal Finlandia Eero Markkanen.

Tertinggal 0-2 di rumah sendiri membuat Kaya FC berupaya keras menghadirkan gol di sisa waktu paruh pertama pertandingan.

Akan tetapi, mereka bahkan tidak mampu membuat tendangan tepat sasaran hingga laga memasuki masa jeda yang membuat skor sementara tetap 2-0 untuk keunggulan PSM.

Di babak kedua, petaka untuk PSM datang di menit ke-53 setelah bek Abdul Rahman dikartu merah hasil kartu kuning kedua.

Setelah itu, PSM kerepotan mengantisipasi serangan-serangan Kaya FC. Akan tetapi, kiper PSM Rivky Mokodompit menjadi pahlawan setelah melakukan setidak-tidaknya tiga kali penyelematan penting untuk timnya.

Pertandingan memanas di akhir-akhir pertandingan. Para pemain kedua tim terlibat kericuhan di menit ke-87 setelah Jalsor Soriano tampak sengaja menendang tubuh Marc Klok yang terjatuh.

Soriano sendiri mendapatkan kartu merah langsung oleh wasit atas tindakannya tersebut.

Tiga menit sebelum pertandingan berakhir, Kaya FC berhasil membuat gol hiburan, tepatnya pada menit ke-90+1 dari tendangan penalti Jovin Bedic.

Penalti diberikan karena Hasyim Kipuw melakukan pelanggaran terhadap pemain Kaya FC Jordan Mintah di kotak terlarang.

Usai gol tersebut, kedua tim sama-sama tidak mampu menghadirkan gol tambahan. Skor 2-1 untuk kemenangan PSM Makassar bertahan sampai laga tuntas.

Berikutnya di Grup H Piala AFC 2019, PSM Makassar akan menghadapi klub asal Singapura Home United di Stadion Pakansari, Bogor, pada Selasa (30/4) mulai pukul 15.00 WIB.

Sementara Kaya FC-Iloilo akan menjamu klub wakil Laos Lao Toyota FC juga Selasa (30/4) di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina. 

Baca juga: Sepak bola - PSM Siap tebus kegagalan di kandang Kaya FC

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019