Tahun ini kami akan bangun dua dermaga pelabuhan rakyat guna membantu meningkatkan pendapatan para nelayan di Kabupaten Kupang
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, segera membangun dua pelabuhan rakyat guna mendorong percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan di wilayah kabupaten yang berbatasan dengan Ocusse di Timor Leste..

"Tahun ini kami akan bangun dua dermaga pelabuhan rakyat guna membantu meningkatkan pendapatan para nelayan di Kabupaten Kupang," kata Kepala Dinas Perhubungan, Kabupaten Kupang, Jhoni Ati ketika di hubungan di Kupang, Kamis.

Menurut dia, dua pelabuhan rakyat yang dibangun pemerintah Kabupaten Kupang yaitu satu di Bolok, Kecamatan Kupang Barat dan satu pelabuhan lainnya dibangun di Pulau Semau.

Menurut dia, kehadiran dua pelabuhan rakyat itu guna memenuhi kebutuhan tempat penambatan perahu milik nelayan tradisional di Kabupaten Kupang yang masih menggunakan dermaga pelabuhan Tenau Kupang untuk aktifitas bongkar muat penumpang dan barang baik dari Kota Kupang menuju Pulau Semau .

"Apabila Pelabuhan Tenau terus dikembangkan maka nelayan dari Pulau Semau tidak bisa lagi melakukan bongkar muat di pelabuhan Tenau, sehingga pemerintah Kabupaten Kupang menyiapkan pelabuhan rakyat di Bolok dan Semau untuk kegiatan bongkar muat barang dari perahu-perahu milik nelayan tradisional setempat," kata Jhoni.

Menurut Jhoni, pembangunan dua unit dermaga pelabuhan rakyat ini masing-masing menelan anggaran pembangunan sebesar Rp1 miliar.

"Dana pembangunan dua unit dermaga itu bersumber dari DAK 2019 dengan alokasi masing-masing Rp1 miliar lebih. Tahun 2019 dua pelabuhan itu mulai dibangun,"tegas Jhoni.

Ia berharap terbangunya dua unit dermaga untuk pelabuhan rakyat akan mampu mendorong peningkatan pendapatan ekonomi para nelayan di Kabupaten Kupang.
 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019