Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) merilis hasil sementara penghitungan suara Pilpres 2019 melalui situs resmi pemilu 2019.kpu.go.id milik KPU RI.

Data itu bersumber dari Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) yang merupakan penghitungan resmi KPU RI pada Kamis dengan menggunakan pemindaian form C1 dari setiap TPS.

Hingga pukul 13.30 WIB, data yang masuk berasal dari 3.017 TPS dari total 813.350 TPS yang tersebar di seluruh Indonesia dan juga luar negeri.

Hasil hitung suara sementara itu menyebutkan, Jokowi-Ma'ruf meraih suara terbanyak dalam real count KPU RI dibandingkan lawannya Prabowo-Sandi.

Jokowi-Ma'ruf meraih 59,35 persen dengan jumlah perolehan 336.692 suara, sedangkan Prabowo-Sandi meraih 40,65 persen dengan jumlah perolehan 230.570 suara.

Perolehan suara itu berasal dari sejumlah TPS yang ada luar negeri dan 32 provinsi di Indonesia, kecuali Maluku dan Maluku Utara.

Prosentase perhitungan suara itu masih bisa berubah karena banyak TPS di daerah maupun luar negeri belum melaporkan suara. Sementara itu terkait hasil penghitungan suara akhir akan ditetapkan KPU RI berdasakan rekapitulasi fisik berjenjang.

Pewarta: Sugiharto Purnama, Joko Susilo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019