Hal itu akan berdampak pada peningkatan usaha dan pendapatan dari sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, maupun kerajinan
Purwokerto (ANTARA) - Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru mengatakan sektor pariwisata dapat menjadi penyumbang andal pertumbuhan ekonomi, khususnya di daerah.

"Sektor pariwisata di daerah menjadi sangat penting dalam menggerakkan roda perekonomian secara nasional," kata Chusmeru di Purwokerto, Kamis.

Chusmeru mengatakan banyak potensi pariwisata dan industri kreatif yang dapat dikembangkan sebagai sumber ekonomi baru di daerah.

Kendati demikian, perlu usaha maksim al untuk mengembangkan potensi wisata di daerah.Pertama, misalnya usaha kuliner dan cenderamata yang khas dan berbahan baku lokal.

"Hal itu akan berdampak pada peningkatan usaha dan pendapatan dari sektor pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, maupun kerajinan," katanya.

Kedua, pemberdayaan kelompok seni budaya di daerah agar dapat tetap lestari dan bernilai ekonomis bagi daerah. "Pemberdayaan itu juga bisa dimanfaatkan sebagai regenerasi pelaku seni budaya sambil mengambil peran di sektor wisata," katanya.

Ketiga, pengembangan potensi arsitektur tradisional di daerah, bangunan bersejarah, monumen, museum dan peninggalan arkelogis sebagai daya tarik wisata daerah. "Saat ini paket wisata sejarah dan wisata religi belum dikembangkan secara optimal," katanya.

Keempat, menawarkan wisata belanja di daerah, dengan mengunjungi pasar-pasar tradisional yang dikelola dengan konsep wisata belanja."Pasar tradisional di berbagai daerah bukan hanya dijadikan tempat transaksi jual beli masyarakat setempat saja, namun perlu dikemas sedemikian rupa agar punya daya tarik wisata," katanya.

Kelima, mengembangkan usaha jasa penginapan dan transportasi di daerah. "Hal itu akan memudahkan wisatawan untuk menentukan akomodasi ketika berada di daerah," katanya.

Transportasi menuju objek wisata, kata dia, juga perlu dikembangkan untuk menambah aksesibilitas."Beberapa hal di atas dapat dilakukan, dengan catatan ada upaya peningkatan kapasitas SDM sektor pariwisata di daerah," katanya.

Selain itu juga, kata dia, diperlukan inovasi dan kreativitas semua pihak dalam mengembangkan pariwisata di daerah.


Baca juga: Pengamat: Banyumas - Purbalingga - Banjarnegara miliki destinasi menarik

Baca juga: Tari Lengger Banyumas pikat pengunjung di Serbia

Baca juga: "Grebeg Suran Baturraden" menjadi daya tarik wisatawan

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019