Logistik berupa surat suara yang dimasukkan dalam kotak suara tersegel itu sudah diterima oleh 31 PPK di Jember
Jember (ANTARA) - Logistik hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 di Kabupaten Jember, Jawa Timur mulai bergeser dari tempat panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa/kelurahan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) di kecamatan pada Kamis.

"Logistik berupa surat suara yang dimasukkan dalam kotak suara tersegel itu sudah diterima oleh 31 PPK di Jember," kata Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi di Kantor KPU Jember.

Menurutnya pergeseran logistik pemilu dari KPPS ke PPS bergeser pada Kamis (18/4) dini hari, selanjutnya dari PPS dikirim ke PPK karena seluruh logistik ditempatkan di kantor kecamatan dan penghitungan di tingkat kecamatan akan dilakukan mulai Sabtu (20/4).

"Alhamdulillah tidak ada kendala dalam distribusi logistik dari TPS ke PPS hingga ke PPK karena semuanya berjalan aman dan lancar dengan pengawasan dari pengawas kecamatan dan aparat kepolisian setempat," tuturnya.

Sementara Ketua PPK Sumbersari Andi Wasis mengatakan seluruh logistik pemilu yang tersebar di 324 TPS di Kecamatan Sumbersari sudah diterima PPK Sumbersari sejak Kamis dini hari hingga pukul 10.00 WIB.

"Ada tujuh kelurahan di Kecamatan Sumbersari dengan jumlah 324 TPS. Logistik di seluruh TPS sudah kami terima dalam keadaan kotak suara terkunci dan tersegel dengan pengawasan dari Panwas kecamatan, Polsek Sumbersari, dan Koramil Sumbersari," katanya.

Ia menjelaskan sebanyak 1.620 kotak suara ditempatkan di beberapa lokasi karena keterbatasan kapasitas ruangan yakni di aula dan dua ruangan di kantor kecamatan Sumbersari, namun pihaknya sudah mengantisipasi apabila hujan deras dan faktor alam lainnya yang dapat merusak kotak suara yang ditempatkan di aula kecamatan.

"Penghitungan akan dilakukan pada 20 April 2019 mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai, sehingga kami targetkan rekapitulasi perolehan suara dilakukan selama tiga hari dan semoga tidak ada kendala," ujarnya.

Ketua Panwas Kecamatan Sumbersari Eko Teguh Santana mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan secara ketat terhadap logistik pemilu yang berada di PPK Sumbersari hingga proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan.

Baca juga: KPU NTT: Pleno rekapitulasi tingkat PPK dimulai 18 April-4 Mei
Baca juga: TNI-Polri di NTB kawal pergeseran logistik Pemilu
Baca juga: KIP Aceh: Kotak suara mulai dibawa ke PPK

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019