counter

Cegukan berkepanjangan bisa sebabkan dehidrasi hingga depresi

Cegukan berkepanjangan bisa sebabkan dehidrasi hingga depresi

Ilustrasi anak terkena cegukan (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Cegukan yang terus terjadi selain bisa menganggu kegiatan juga menyebabkan masalah lain, salah satunya dehidrasi dan berkurangnya berat badan.

Seperti dilansir Medical News Today, kondisi ini terjadi cegukan berkepanjangan menyebabkan penderita sulit makan secara benar.

Dampak lain cegukan berkepanjangan ialah insomnia, terutama jika terjadi di jam-jam tidur. Seseorang yang mengalami cegukan di jam tidur malam akan kesulitan tidur.

Penderita juga bisa mengalami kelelahan, karena sulit untuk tidur atau makan.

Bahkan, depresi dan penyembuhan luka yang tertunda bisa menyerang pederita. Cegukan yang persisten dapat mempersulit penyembuhan luka pasca operasi, meningkatkan risiko infeksi atau perdarahan setelah operasi.

Sebenarnya, beberapa kasus cegukan bisa dihindari (jika bukan karena masalah kesehatan serius), antara lain dengan mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol atau soda dan makan tidak terlalu cepat.

Kalaupun terjadi, ini biasanya bukan merupakan gangguan serius dan bisa terjadi selama beberapa menit atau jam. Kondisi ini bisa pulih tanpa obat.

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, seperti berkumur menggunakan air yang sangat dingin atau menekan hidung saat menelan.

Namun, cegukan bisa menjadi tanda masalah kesehatan serius jika terus terjadi, antara lain kondisi pencernaan termasuk penyakit radang usus, obstruksi usus kecil, atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Selain itu, bisa juga pneumonia atau asma, kondisi yang memengaruhi sistem saraf pusat (SSP), termasuk cedera otak traumatis (TNI), ensefalitis, tumor otak, atau stroke.

Lalu, kondisi yang mengiritasi saraf vagus, seperti meningitis, faringitis, atau goiter, reaksi psikologis, termasuk kesedihan, kegembiraan, kegelisahan, stres, perilaku histeris, atau syok.

Baca juga: Pertolongan pertama untuk hentikan cegukan

Baca juga: Dua Tahun Tanpa Henti Cegukan

Baca juga: Soal cegukan seperti yang dialami Sandiaga Uno

Dampak riset terhadap perekonomian

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar