Batam (ANTARA) (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Batam Kepulauan Riau mulai memasukkan data sistem informasi (Situng) ke web infopemilu.kpu.go.id, pada Jumat.

"Data Kecamatan Batam Kota mulai masuk di infopemilu.go,id," kata Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan di Batam, Jumat.

Dalam data yang diperlihatkan Zaki, hasil situng sementara untuk Kota Batam, suara untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 sebanyak 2.359 suara atau 42,70 persen dari total yang masuk.

Kemudian pasangan nomor urut 02 memperoleh 3.765 suara atau 57,30 persen dari yang masuk.

"Kami perkirakan situng untuk Kota Batam seluruhnya selesai dalam waktu 5 hari ke depan," kata Zaki.

Ia menegaskan, situng hanya perangkat yang digunakan sebagai sarana informasi dalam pelaksanaan penghitungan dan rekapitulasi suara.

"Situng ini hanya alat bantu, bukan hasil resmi. Hasil resmi penghitungan suara, tetap berdasarkan rekapitulasi secara manual dan berjenjang," katanya.

Ketua KPU Batam, Syahrul Huda mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan pelaksanaan Situng dengan baik, agar tidak ada kendala.

KPU Batam telah menggunakan perangkat sesuai dengan spek yang ditetapkan KPU RI, beserta tenaga IT yang siap bekerja. KPU Batam menggunakan komputer khusus untuk pengoperasian situng, dengan spesifikasi processor minimal core i5 dan operating system (OS) MS. Windows dengan system windows original.

KPU juga memastikan ketangguhan jaringan internet dan listrik demi memastikan seluruh data terkirim dengan lancar.

Sementara itu, sejumlah PPK di Kota Batam tengah bersiap melakukan perhitungan suara melalui plano C1 di masing-masing kecamatan.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019