Jambi (ANTARA) - Kantor Bahasa Jambi kembali akan menghadirkan "Pekan Bahasa dan Sastra" dengan melibatkan ratusan peserta yang akan ambil bagian dalam sebelas kategori lomba.

"Pekan Bahasa dan Sastra merupakan kegiatan rutin, namun tahun ini diharapkan ada sesuatu yang berbeda dan memunculkan sesuatu yang baru dari kreatifitas peserta," kata Kepala Kantor Bahasa Jambi Syaiful Bahri Lubis di Jambi, Sabtu.

Kegiatan kebahasaan dan sastra yang akan digelar 22 April hingga 4 Mei 2019 di Kantor Bahasa Jambi itu rencananya akan dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto pada Senin (22/4).

Kantor Balai Bahasa Jambi merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis (UPT) di Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang salah satu tugas pokok dan fungsinya pemasyarakatan bahasa dan sastra kepada masyarakat, khususnya di Provinsi Jambi.

Kegiatan itu akan melibatkan semua unsur dunia pendidikan, seperti siswa, guru dan masyarakat umum di Provinsi Jambi.

Kegiatan Pekan Bahasa dan Sastra di Jambi adalah Lomba mendongeng dengan peserta guru PAUD, TK dan kelompok belajar, lomba menulis esai guru SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK.

Kemudian lomba senandung melayu yang melibatkan masyarakat umum. Lomba berbalas pantun tingkat SMA dan SMK. Lomba mengajar dengan peserta guru SD dan MI se-Provinsi Jambi. Lomba berpidato berbahasa Indonesia siswa tingkat SMP/MTs. Lomba debat berbahasa Indonesia tingkat siswa SMA/SMK. Lomba membaca puisi tingkat SMP/MTs.

Berikutnya lomba menulis cerita pendek tingkat SMP/MTs. Lomba Pembawa Acara (pewara) antar pegawai instansi di Jambi serta lomba musikalisasi puisi tingkat SMA/SMK.*


Baca juga: Kantor Bahasa dorong masyarakat cinta bahasa Indonesia


 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019