Manado (ANTARA) - Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan, tiga kursi ke DPR-RI dapat diamankan partai politik berlambang banteng itu.

"Perolehan suara PDIP sensasional," kata Kandouw kepada wartawan di Manado, Minggu.

PDIP Sulut, kata dia, bekerja maksimal dan mampu melakukan penetrasi luar bisa sehingga mampu meraih kepercayaan pemilih pada Pemilu 17 April lalu.

"Pemilihan presiden dan wakil presiden, jangan ditanya, suara legislatif secara berjenjang dari kabupaten dan kota, provinsi hingga DPR-RI semua naik," katanya.

Pria kelahiran Tondano, Kabupaten Minahasa itu, menggarisbawahi capaian PDIP Sulut yang optimistis dapat mewakilkan tiga calonnya ke Senayan.

"Untuk sementara bisa tiga kursi," ujarnya.

Dari sisi sebaran suara, kata Kandouw, PDIP tidak kalah bersaing dengan partai lainnya saat penghitungan suara di TPS.

"Kita tunggu saja hasil penetapan dari KPU, tetapi kita optimistis bisa meraih terbaik," ujarnya.

Kuota dapil Sulut ke DPR-RI sebanyak enam kursi, di PDIP ada sejumlah nama seperti Adriana Dondokambey, Herson Mayulu, Jantje W Sajouw dan Vanda Sarundajang.

Sementara partai lainnya yang berpeluang mengisi tiga kursi sisanya yaitu Jerry Sambuaga dan Adrian J Paruntu (Golkar), Felly Runtuwene dan Hillary Lasut (Nasdem) serta calon lainnya dari PAN, Gerindra atau Demokrat.

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019