counter

Deretan rumor Samsung Galaxy Note 10

Deretan rumor Samsung Galaxy Note 10

Samsung Galaxy Note 9. Perangkat itu dikabarkan akan punya pembaruan yaitu Galaxy Note 10 pada 2019. (Ist)

Jakarta (ANTARA) - Produsen ponsel pintar Samsung mendapatkan perhatian secara global terkait produk penerus Galaxy Note 9 setelah peluncuran lini produk andalan seperti Galaxy S10.

Sejumlah analis global memperkirakan, Samsung Galaxy Note 10, sebagai penerus Note 9, akan hadir pada 2019 menyusul berbagai rumor tentang gawai itu dalam sejumlah laman situs teknologi dunia.

Layar Note 10 berukuran 6,66 inci

Seperti dilansir CNET, seri ponsel pintar Note biasanya punya layar yang lebih lebar untuk mengakomodasi stylus S Pen. Produk baru itu juga diperkirakan akan berlayar yang lebih lebar, yakni 6,66 inci. Sebagai perbandingan, Note 9 memiliki layar 6,4 inci.

Meskipun punya layar yang lebih besar dibanding Note 9, Galaxy Note 10 diperkirakan masih akan tetap mempertahankan bezel yang tipis sebagaimana ponsel-ponsel lain Samsung. Pembuat ponsel juga semakin cerdik menempatkan kamera depan agar layar perangkat semakin lebar tanpa memperluas ukuran tubuh ponsel.

Dua macam Note 10

Galaxy S10 punya tiga varian, yakni S10 Plus, S10E, dan S10 5G. Jadi, kebiasaan itu tidak akan mengejutkan konsumen manakala Samsung memutuskan untuk membuat lebih dari satu model Note 10.

Berdasarkan rumor dari ETNews, dua varian Note 10 adalah ukuran 6,28 inci dan ukuran 6,75 inci. Spekulasi lain produk baru itu adalah jenis dukungan jaringan yaitu LTE dan 5G. Jika kedua kemungkinan itu dikombinasikan, Note 10 akan hadir dalam empat varian.

Tidak ada satu tombol pun di Note 10

Note 10 diperkirakan akan mengadopsi tren ponsel kelas menengah-atas yang menempatkan area pembaca sidik jari di sisi belakang ponsel.

Dilansir ETNews yang mengutip "sumber industri", Note 10 mungkin menggunakan teknologi Force Touch yang dikembangkan NDT.

Sebagai pengganti tombol, sisi pinggir ponsel dapat mengenali tekanan yang berbeda-beda tergantung dari seberapa kuat tekanan tangan. Pengenalan tekanan itu memungkinkan pengguna menyalakan telepon atau mengatur tingkat suara pada permukaan ponsel yang rata.

ETNews juga memprediksi Samsung akan menerapkan desain tanpa tombol pada model lain Galaxy kelas menengah.

S Pen dirumorkan punya kamera tersendiri

Samsung juga diperkirakan akan menyematkan fitur lain pada stylus S Pen generasi terbaru menyusul fitur memencet tombol kamera pada S Pen Galaxy Note 9.

Samsung telah mengajukan paten ke Badan Paten dan Merek AS untuk "perangkat pulpen elektrik" yang "dipasang pada perangkat elektronik, seperti ponsel". Pulpen itu akan punya kamera dengan "fungsi pembesar optik".

Note 10 akan punya empat kamera belakang

Sebagaimana Galaxy S10 varian 5G, Galaxy Note 10 berpeluang punya empat kamera, seperti disebut oleh laman blog teknologi Sam Mobile.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar