counter

NasDem berpotensi raih dua kursi DPRD Sulteng dapil terdampak bencana

NasDem berpotensi raih dua kursi DPRD Sulteng dapil terdampak bencana

Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh saat berkampanye di Lapangan Kilongan, Luwuk Utara Kabupaten Banggai, Sulteng, Selasa 26 Maret 2019. (Humas DPW NasDem)

Palu (ANTARA) - Partai Nasional Demokrat (NasDem) berpotensi meraih dua kursi pemilihan legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah dari daerah pemilihan enam terdampak bencana gempa, likuefaksi dan tsunami Kabupaten Sigi dan Donggala.

"Rekapitulasi C1 sudah masuk 80 persen suara, kami yakin untuk daerah pemilihan Sigi dan Donggala NasDem meraih dua kursi," ucap Anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem Sulawesi Tengah, Ferry, di Palu, Minggu.

Kata Ferry, berdasarkan hasil rekapitulasi sementara C1, Nasdem meraih suara sebanyak 46 ribu dengan perolehan 80 persen dari daerah pemilihan Kabupaten Sigi dan Donggala.

Ferry tidak menguraikan nama politisi Nasdem yang di usung dan berpeluang duduk di DPRD Sulteng dari hasil rekapitulasi perolehan suara pemilihan legislatif DPRD Sulteng untuk daerah pemilihan enam.

Pantauan Antara, terdapat dua figur politisi Partai Nasdem yang berpotensi meraih suara terbanyak untuk daerah pemilihan Kabupaten Sigi dan Donggala, yaitu Nilam Sari Lawira dan Muh Masykur.

Masykur merupakan wakil Ketua Komisi III DPRD Sulawesi Tengah sekaligus Ketua Fraksi NasDem hasil pemilihan legislatif tahun 2014. Sementara Dr Hj Nilam Sari Lawira merupakan akademisi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Ia memilih mundur dari Pegawai Negeri Sipil dan terjun ke dunia politik, ikuti dalam kontestasi pemilihan legislatif tahun 2019.

Dua figur ini sangat di kenal di masyarakat di Kabupaten Sigi dan Donggala. Hadirnya dua figur politisi tersebut, cukup mendongkrak perolehan suara Partai NasDem di daerah terdampak bencana Sigi dan Donggala.

Sebelumnya, Partai Nasdem daerah pemilihan Sulawesi Tengah mengklaim berpotensi meraih tiga kursi untuk DPR RI, jika perolehan suara dari Kabupaten Banggai nantinya mendominasi suara partai yang diketuai Ahmad M Ali tersebut.

"Hasil sementara ini kita sudah di atas 400 ribu. Kalau melihat pergerakan suara ini, kami pastikan Nasdem sudah tidak meleset dua kursi bahkan berpotensi tiga kursi," kata Sekretaris DPW Nasdem Sulawesi Tengah Muslimun di sela-sela tabulasi internal penghitungan suara pemilu di Palu, Kamis.

Dia mengatakan masuknya Ahmad M Ali, Rusdy Mastura dan Habsayanti Ponulele dalam daftar calon legislatif DPR RI membuat dukungan suara ke Nasdem mengalir deras khususnya di wilayah Pasigala (Palu, Sigi, dan Donggala).

Selain itu kata dia, dukungan Nasdem di Sulawesi Tengah bagian timur seperti Morowali dan Morowali Utara juga mengalir deras, karena diklaim sebagai basis utama pendukung Ahmad M Ali.
"Hampir semua kabupaten Nasdem mendominasi," katanya.

Hingga Kamis pagi kata dia, dengan perolehan suara 400 ribu lebih dari 1,9 juta daftar pemilih tetap, masih ada sebagian kabupaten yang belum masuk ke pusat tabulasi data Nasdem.

Gugatan ke MK merupakan tuntutan masyarakat

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar