counter

Liga Prancis

Mbappe cetak trigol ke gawang Monaco, lengkapi pesta juara PSG

Mbappe cetak trigol ke gawang Monaco, lengkapi pesta juara PSG

Para bintang Paris Saint-Germain (ki-ka) Neymar dan Kylian Mbappe beraksi dalam laga lanjutan Liga Prancis melawan AS Monaco di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Minggu (21/4/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Jakarta (ANTARA) - Bintang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe melengkapi kepastian pesta gelar juara Liga Prancis timnya dengan torehan trigol untuk membekap AS Monaco 3-1 pada laga pekan ke-33 di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Senin dini hari WIB.

Pesta gelar juara PSG juga diwarnai dengan kembalinya dua tandem Mbappe dalam trisula lini depan yakni Neymar dan Edinson Cavani, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Kemenangan itu melengkapi raihan poin PSG menjadi 84 poin, meski hal itu tak begitu mempengaruhi kepastian gelar juara tim besutan Thomas Tuchel yang ditentukan akibat hasil laga lain yang berlangsung lebih awal, di mana Lille (65) ditahan imbang nirgol oleh Toulouse (36) pada Minggu malam WIB.

Bagi Monaco (32) kekalahan itu membuat mereka tertahan di urutan ke-16, masih di bawah ancaman bayang-bayang degradasi karena cuma memiliki keunggulan enam poin dari lima laga tersisa.

Baca juga: PSG kunci gelar juara meski belum main, akibat Lille gagal menang

Kebutuhan tiga poin penuh membuat Monaco tampil agresif di awal laga namun Rony Lopes membuang sia-sia peluang di muka gawang dan tembakannya ditepis oleh kiper Alphonse Areola.

Pada menit ke-15, Mbappe membawa tuan rumah unggul ketika ia berlari cepat demi menyambut umpan kiriman Moussa Diaby.

Monaco kembali mengancam gawang PSG pada menit ke-27, namun kali ini tembakan Aleksandr Golovin melenceng dari sasaran.

Mbappe membuang percuma kesempatan emas pada menit ke-33 di muka gawang, namun lima menit kemudian ia melakukan tugasnya dengan baik untuk menyelesaikan umpan kiriman Dani Alves demi menggandakan keunggulan PSG.

Semenit jelang turun minum Areola memastikan gawangnya tak kebobolan dengan menghalau tembakan sentuhan pertama Gelson Martins.

Neymar memasuki lapangan pada awal babak kedua menggantikan Layvin Kurzawa disambut gemuruh publik Parc des Princes, setelah tiga bulan menepi.

Pada menit ke-53, peluang Mbappe diagagalkan oleh tiang gawang, dua menit kemudian bintang muda tim nasional Prancis itu melengkapi raihan trigol dengan menyambut umpan tarik Alves dan membawa Monaco unggul 3-0.

Di sisi gawang yang berbeda, Marquinhos tampil prima dengan kesigapannya menyapu bola tepat di garis gawang untuk menggagalkan peluang Martins pada menit ke-61.

Di tengah keunggulan 3-0 tersebut, publik Parc des Princes juga mendapat alasan kebahagiaan lain dengan kembalinya Cavani mengganti Leandro Paredes, setelah beberapa pekan menepi karena cedera.

Monaco memperoleh gol hiburan pada menit ke-80 saat Golovin menyambut umpan kiriman Vinicius Carlos untuk memperkecil kekalahan menjadi 1-3.

Cavani hampir saja menandai laga kembalinya itu dengan menyundul bola umpan silang Mbappe untuk mengoyak gawang Monaco, namun golnya dianulir karena legiun Uruguay itu terlanjur berada dalam posisi offside.

Baca juga: Daftar juara Liga Prancis sejak era Liga 1

Susunan pemain:

Paris Saint-Germain (3-5-2): Alphonse Areola; Thilo Kehrer, Marquinhos, Presnel Kimpembe; Colin Dagba, Dani Alves, Leandro Paredes (Edinson Cavani), Marco Verratti (Julian Draxler), Layvin Kurzawa (Neymar); Moussa Diaby, Kylian Mbappe
Pelatih: Thomas Tuchel

AS Monaco (3-4-3): Danijel Subasic (Diego Benaglio); Benoit Badiashile Mukinayi, Jemerson (Aholou), Kamil Glik; Benjamin Henrichs, Aleksandr Golovin, Adrien Silva, Fode Ballo-Toure; Gelson Martins, Radamel Falcao (Vinicius Carlos), Rony Lopes
Pelatih: Leonardo Jardim

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar