Jakarta (ANTARA) - Tim balap sepeda Indonesia siap menghadapi kejuaraan Asian Road Cycling Championship (ACC) 2019 di Tashkent, Uzbekistan, 23-28 April dan untuk nomor Individual Time Trial (ITT) bakal mengandalkan Aiman Cahyadi dan Sendy Nur Hasan.

"Memang benar. Untuk ITT kami mengandalkan Aiman di senior dan Sendy untuk U-23. Mereka juga akan turun di Individual Road Race (IRR)," kata manajer timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputra saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin.

Selain Aiman dan Sendy Nur Hasan, PB ISSI juga mengirim tiga pebalap lainnya yaitu Jamalidin Novardianto, Jamal Hibatulloh dan Bambang Suryadi. Pelatih dipercayakan kepada pelatih muda Rastra Patria Dinawan. Tiga nama terakhir, kata Budi semuanya akan turun di nomor IRR.

Menurut Budi, dipilihnya Aiman dan Sendy untuk turun pada nomor ITT bukan tanpa alasan karena keduanya dinilai mumpuni. Apalagi Indonesia saat ini sudah tidak mengandalkan lagi pebalap senior Robin Manullang. Pebalap asal Kalimantan Timur ini telah memberikan kesempatan pada pebalap yang lebih muda.

Sesuai dengan jadwal, untuk ITT U-23 bakal berlangsung Kamis (24/4) dan untuk senior Jumat (25/4). Sedangkan untuk IRR U-23 dan senior pada 26 dan 28 April.

"Harapan kami mereka bisa bersaing. Apalagi kejuaraan ini juga untuk mengumpulkan poin untuk Olimpiade 2020 di Tokyo," kata Budi menambahkan.

Sebelum bertolak ke Uzbekistan, semua pebalap digembleng dalam pemusatan latihan di Yogyakarta. Latihan sendiri terbilang sangat terprogram mengingat pebalap yang diberangkatkan berasal dari satu tim yaitu PGN Cycling Team.

Tim bertolak menuju Uzbekistan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu malam (21/4) dan dikawal langsung oleh pelatih kepala timnas balap sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo.

Sementara itu salah satu pebalap nasional Jamalidin Novardianto mengaku sudah siap menunjukkan kemampuan terbaiknya. Apalagi arek Malang ini sudah lama tidak bergabung dengan timnas balap sepeda Indonesia.

"Saya sudah siap. Doakan saya dan tim," kata pebalap yang dikenal bengal jika turun di balapan itu.

Selain mengirimkan atlet ke Asian Road Cycling Championship (ACC) 2019 di Tashkent, Uzbekistan, PB ISSI juga memberangkatkan satu pebalap yaitu Muhammad Fadli Imammudin untuk turun di Asian Road Paracycling Championship di tempat yang sama.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019