counter

Gubernur luncurkan unit reaksi cepat ambulance motor

Gubernur luncurkan unit reaksi cepat ambulance motor

Petugas medis bersiap menggunakan Ambulance Motor melalui 119. (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)

Adapun yang diberikan berupa pelayanan kesehatan di tempat kejadian dan membantu merujuk pasien ke fasilitas kesehatan terdekat. Pelayanan ini diberikan setiap hari selama 24 jam
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru meluncurkan unit reaksi cepat (URC) ambulance sepeda motor 119 guna meningkatkan pelayanan kesehatan di provinsi tersebut.

Motor tersebut digunakan untuk memberikan pelayanan gawat darurat medik kepada seluruh masyarakat Sumsel, katanya di Palembang, Senin.

Pelayanan URC Ambulance Motor 119 ini bertujuan untuk menurunkan angka kematian dan kecacatan akibat kegawat daruratan yang sering terjadi sehari-hari seperti kecelakaan, jantung, stroke dan melahirkan dengan memperkecil respon time (dapat mengatasi kemacetan).

Untuk dapat mengakses layanan ini masyarakat cukup menghubungi nomor 119 bebas pulsa.

Adapun yang diberikan berupa pelayanan kesehatan di tempat kejadian dan membantu merujuk pasien ke fasilitas kesehatan terdekat. Pelayanan ini diberikan setiap hari selama 24 jam.

Untuk tim kesehatan yang tergabung dalam URC Ambulance Motor 119 terdiri dari tenaga kesehatan yang kompeten dan profesional serta mempunyai peralatan yang sesuai standar.

Peralatan kesehatan yang dimaksud meliputi, AED, Emergency kit, Tensi meter, Stetocope, Laringoscope, Diagnostic set, Penlight, Minor surgery set, dan Obat obat P3K.

Gubernur mengatakan, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat banyak cara yang bisa dilakukan walaupun dengan dana yang terbatas.

Hal itu telah dibuktikannya saat penyediaan mobil ambulance bagi warga yang membutuhkan di desa-desa di Ogan Komering Ulu Timur. Caranya Ia memberdayakan masyarakat setempat yang memiliki kendaraan untuk kemudian diajak MoU.

Kalau satu desa mau dikasih satu ambulance dari mana duitnya. APBD gak cukup karena satu mobil saja bisa mencapai Rp200 juta. Makanya semua masyarakat yang punya mobil di desa saya ajak MoU.

Mereka diminta rela kendaraannya sewaktu-waktu dijadikan ambulance, dan Pemda yang mensubsidi biaya operasional kendaraannya. Ini berhasil, ujar dia.

Gubernur berharap Program Sumsel Tanggap dengan URC Ambulance Motor 119 ini menjadi pemicu kepala daerah baik bupati dan wali kota untuk menyediakan kendaraan yang sama di puskesmas-puskesmas, serta penyediaan satu ambulance pada tiap desa.

Melalui program ini peraih penghargaan Moeslim Choice Award 2018 tersebut berharap adanya penguatan pelayanan kesehatan untuk menciptakan rasa nyaman bagi masyarakat, tambah dia.
 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ambulans motor siap beri pertolongan di tengah kemacetan

Komentar