counter

KPU upayakan pleno di tingkat kecamatan dipercepat

KPU upayakan pleno di tingkat kecamatan dipercepat

Suasana pleno rekapitulasi hasil pemilu presiden dan legislatif di PPK Kota Ternate Utara (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mengupayakan pleno rekapitulasi hasil pemilu 2019 di tingkat kecamatan dipercepat, karena memasuki empat hari jadwal pleno PPK baru menyelesaikan rekapitulasi pemilu presiden di tiga kelurahan.

"Kami telah meminta ke seluruh PPK di Ternate untuk tidak fokus merekap hasil presiden saja, tetapi kelurahan yang telah selesaikan pleno presiden langsung dilanjutkan dengan pleno DPD-RI," kata Komisioner KPU Kota Ternate, Kuad Suwarno di Ternate, Senin.

Bahkan, hingga Senin (22/4) Sore ini, di PPK Kecamatan Ternate Utara baru menyelesaikan lima PPS untuk pleno rekapitulasi hasil pemilu presiden yakni Kelurahan Akehuda, Soasio, Dufa-Dufa, Kasturian dan Tafure.

Olehnya itu, kata Kuad, pihaknya telah meminta PPK yang menggelar pleno rekapitulasi untuk menyediakan dua ruangan agar pleno rekapitulasi untuk presiden dan DPD-RI bisa diselesaikan secepatnya, karena waktu pleno rekapitulasi di tingkat PPK hanya diberikan waktu 14 hari.

Sementara itu, sesuai situs hitung (situng) sementara untuk DPR-RI di KPU Malut Partai PDIP berada di posisi teratas yakni meraih 4.074 suara, disusul Partai Nasdem 2.758 suara, Partai Golkar 2.429 suara, PKS 2.352 suara, Gerindra 1.259 suara dan Partai Demokrat 1.196 suara.

Sementara itu, untuk suara DPD-RI, berdasarkan data sementara dari tim pemenang calon anggota DPD-RI nomor urut 26 yakni Husain Alting Sjah yang juga Sultan Tidode, meraih 57.841 suara yang tersebar di 10 kabupaten/kota di provinsi Malut.

Salah seorang Koordinator Timses Husain Alting Sjah, Faisal Anwar ketika dihubungi mengakui, perolehan suara berdasarkan formulir C1 yang dimiliki saksinya, suara yang diraih Sultan Tidore jauh dengan calon anggota DPD lainnya. Diposisi kedua Tjatur Saptoedi disusul Suriati Armaiin dan posisi keempat Burhan Ismail.

"Tim terus mengupdate data yang masuk sambil menunggu hasil resmi yang akan diplenokan KPU," katanya.

Sebab, berdasarkan hasil rekapan sementara, untuk Daerah Pemilihan Kota Ternate, Husain Alting Sjah meraih 28.403 suara, sementara di Kabupaten Halmahera Timur, Husain Alting Sjah yang juga Sultan Tidore itu, meraih 16.622 suara.

"Di Tidore, sementara ini, Husain Alting Sjah meraih 5.577 suara, di Halteng, 630 suara, di Halbar, 1.661 suara, Halut, 183 suara, di Morotai 225, Halsel, 4.187 suara, Sula171 suara dan Taliabu 282 suara," ujarnya.

Bahkan, data tersebut direkap pada Jumat (19/4) lalu pukul, 20:54 WIT, meski demikian, Faisal Anwar mengaku, hasil yang direkap tim pemenangan ini, masih bersifat sementara.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar