Bandung (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Barat mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali menuai kebersamaan setelah pelaksanaan Pemilu 2019.

Ketua FKUB Jabar, Rafani Achyar mengatakan tidak ada hal indah lain seindah merajut kembali harmoni kebersamaan sebangsa dan se Tanah Air. Dengan demikian ia berharap sudahi perbedaan yang dapat berakibat perpecahan.

"Karena itu, marilah saat ini kesampingkan perbedaan pandangan politik yang bisa menimbulkan ketegangan," kata Rafani di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin.

Dia mengajak masyarakat, khususnya di Jawa Barat untuk kembali merangkai persatuan yang dalam istilah Islam disebut dengan Ukhuwah. Menurutnya ada tiga ukhuwah yakni ukhuwah islamiyah, ukhuwah insaniyah dan ukhuwah watoniyah.

"Kalau tiga ukhuwah kembali kita rajut, maka apapun, siapapun yang jadi pemenang pilpres dan pileg itu semua untuk kejayaan negara kita," katanya.

Rafani menambahkan saat ini pihak KPU tengah melakukan penghitungan suara. Pihaknya meminta masyarakat untuk tetap bersabar menunggu hasil.

"Karena itu FKUB mengimbau dan mengajak ke seluruh komponen masyarakat yang mungkin sampai saat ini ada sedikit gonjang-ganjing, sisa ketegangan, maka dari itu kita tunggu penghitungan. Mari kita nantikan penghitungan 'real count' KPU," kata dia.

Dia berharap masyarakat bisa kembali menanam semangat persaudaraan usai perbedaan pandangan politik belakangan ini.

"Tumbuhkan kembali persaudaraan ukhuwah, rasa nasib sepenanggungan anak bangsa di negara tercinta ini," kata dia.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019