counter

Kaltim tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional 2019

Kaltim tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional 2019

Menpora Imam Nahrawi (ketiga dari kiri), didampingi ketua FORMI Hayono Isman dan Sekda Kaltim Meiliana memperlihatkan maskot berupa boneka ikan pesut untuk Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) di Gedung Kemenpora Jakarta, Senin (22/4/2019). Fornas yang akan digelar di Samarinda, Kaltim, November 2019 (Antara/Teguh Handoko)

Jakarta (ANTARA) - Kalimantan Timur akan menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) ke-5 yang diselenggarakan pada November 2019.

Fornas adalah pesta olahraga dua tahunan tingkat nasional yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga di bawah naungan Federasi Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

"Kami apresiasi kesediaan Kaltim untuk menjadi tuan rumah event ini," kata ketua umum FORMI Hayono Isman dalam acara peluncuran logo dan maskot Fornas 2019 di Gedung Kemenpora Jakarta, Senin.

Hayono juga berharap setelah Kaltim nanti, Fornas berikutnya bisa diselenggarakan di Papua pada 2021, sekaligus memanfaatkan arena-arena baru yang dibangun untuk PON 2020.

Untuk Fornas 2019, katanya, sebanyak 54 cabang olahraga akan dipertandingkan, mulai dari olahraga tradisional, permainan dan olahraga modern yang bersifat massal, seperti barongsai, tarik tambang, senam pernafasan dan layang-layang.

"Semua provinsi sudah siap untuk berpartisipasi, bahkan ada beberapa negara tetangga akan mengirimkan perwakilannya," kata Hayono.

Menpora Imam Nahrawi sendiri menyatakan siap mendukung penyelenggaraan Fornas 2019 dan mengharapkan event ini berperan dalam memupuk sportivitas dan persatuan dalam masyarakat melalui kegiatan olahraga yang menyehatkan dan menggembirakan.

"Apalagi waktu penyelenggaraannya bulan November nanti cukup tepat, di saat proses Pemilu selesai dan pemerintah hasil Pemilu mulai bekerja, kegiatan Fornas yang menjunjung sportivitas dan persatuan ini sangat penting," katanya.

Baca juga: Menpora: Indonesia tak lagi dipandang sebelah mata

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar