counter

Srikandi Cup

GMC Cirebon kalahkan Tenaga Baru Pontianak 81-56

GMC Cirebon kalahkan Tenaga Baru Pontianak 81-56

Pertandingan antara GMC Cirebon melawan Tenaga Baru Pontianak pada UII-Playoff Srikandi Cup 2019 di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Sleman (ANTARA) - Tim basket GMC Cirebon sukses mengalahkan tim Tenaga Baru Pontianak dengan skor 81-56 pada pertandingan pertama UII-Playoff Srikandi Cup di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Jalan Kaliurang, Sleman, Senin.

Kemenangan GMC Cirebon hari ini tidak terlepas hadirnya dua amunisi anyar mereka yang baru bermain di seri playoff ini, yakni Faizzatus Shoimah dan Adelaide Callista.

Adelaide Callista di pertandingan perdananya berhasil mencetak 22 poin, delapan rebound, tujuh assist dan dua assist.

Sedangkan Faizzatus Shoimah mengemas 10 angka, empat rebound dan tiga assist, dua steal, satu steal.

Dari kubu Tenaga Baru Pontianak Anjelin Rosmika Simanjuntak berhasil menjadi topskor untuk timnya, ia mencetak 16 poin, tiga rebound, dua assist, dua steal.

Tiga menit awal waktu normal, kedua tim sempat berbagi angka sama 2-2.

Skor pun akhirnya berubah menjadi 3-2 untuk Tenaga Baru lewat satu tembakan bebas Michelle Kurniawan. Tapi tidak berselang lama, GMC Cirebon berbalik menguasai jalannya pertandingan.

Baik Faizzatus Shoimah dan Adelaide Callista bahu membahu mengangkat permainan timnya, duet dua pemain baru ini, menghasilkan 14 poin (Adelaide delapan angka, Faizzatus enam angka) membawa unggul timnya di kuarter pertama 21-10.

Kuarter kedua pelatih Tenaga Baru Pontianak Irma Amelya mencoba meningkatkan tensi permainan anak asuhnya.

Mereka sempat memangkas margin angka menjadi 22-26. Tapi kembali GMC Cirebon memperlebar jarak poin menjadi selisih tujuh poin (29-22), kali ini lewat Deniece Gunarto yang mempertontonkan keahliannya dalam urusan tembakan tiga angka.

Terus tertinggal membuat Tenaga Baru berupaya keras untuk menipiskan ketertinggalannya. Fanny Kalumata cs akhirnya hanya bisa menambah lima poin lagi, sedangkan GMC Cirebon dengan meyakinkan mampu mencetak empat angka lagi sekaligus menutup babak pertama ini dengan skor sementara 33-27.

Kinerja GMC yang di arsiteki oleh pelatih asal Korea Selatan Tae Hi Han, terus membaik di kuarter ketiga.

Deniece Gunarto kembali sukses mencetak tiga kali tembakan tiga angka beruntun (58-37). Deniece yang juga putri dari Wahyu Gunarto asisten pelatih sekaligus pemilik klub GMC Cirebon juga turut andil dalam kemenangan ini, tercatat ia berhasil memasukan lima kali tembakan tiga poin untuk mengoleksi total raihan 17 angka yang ia cetak pada gim hari ini.

Tanda kemenangan GMC pun di pertegas kembali oleh Adelaide Callista, yang menutup kuarter ketiga dengan tembakan tiga angka (skor 60-42).

Unggul jauh, GMC bermain lebih lepas di kuarter pamungkas dan menyudahi perlawanan Tenaga Baru dengan selisih 25 angka.

"Lawan lebih hustle dari kami. Beberapa pemain juga absen karena sakit. Tapi pertandingan selanjutnya kami harus lebih fokus dan meraih kemenangan," kata Fanny Kalumata, kapten tim Tenaga Baru Pontianak.

Baca juga: Sebut Merpati-Sahabat favorit, Fanny mau Tenaga Baru lolos semifinal

Baca juga: Srikandi Cup rilis jadwal playoff, dibuka GMC kontra Tenaga Baru

Sedangkan aktor kemenangan GMC Cirebon Adelaide Callista mengatakan, sebelum laga di mulai, pelatih mengingatkan untuk fokus bertahan dulu, baru setelah itu memikirkan penyerangan.

"Strategi yang di jabarkan oleh coach Tae Hi Han juga berjalan dengan baik di tambah lagi kami bermain di lapangan dengan enjoy," katanya.
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar