counter

Liga Spanyol

Efek Zidane

Efek Zidane

Zinedine Zidane (Reuters)

Dapat dipahami kalau klub menunjuk kembali Zidane
Jakarta (ANTARA) - Apa itu Efek Zidane atau Zidane effect? Mantan pemain Real Madrid Clarence Seedorf yakin bahwa pelatih berkebangsaan Prancis itu mampu menyuntikkan serum haus gol kepada seluruh penggawa klub papan atas Liga Spanyol itu.

Haus gol yang merupakan salah satu ciri dari efek Zidane demikian penting agar Real Madrid mampu bersaing di papan atas liga domestik dan kompetisi elit Eropa.

Zidane mengetahui dengan persis salah satu cara meningkatkan performa Real Madrid, salah satunya dengan menempuh kebijakan mengenai target transfer yang memang diperlukan bagi klub itu di musim kompetisi depan.

"Dapat dipahami kalau klub menunjuk kembali Zidane," kata Seedorf, pemain internasional Belanda sebagaimana dikutip dari laman football espana.

"Musim kompetisi ini berlangsung sengit, meski yang terpenting bahwa anda harus tetap fokus dan menyiapkan mental baja agar tim mampu menumbuhkembangkan semangat lapar mencetak gol. Zidane menyuntikkan kepercayaan diri."

Seedorf juga mencatat bahwa klub tidak seharusnya hanya fokus kepada Liga Champions di musim kompetisi depan. Zidane perlu mengembangkan gaya bermain dengan bermodal kepercayaan diri di setiap pertandingan.

"Ia (Zidane) hebat karena mampu memahami para pemain, membaca pertandingan dengan cermat, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan laga. Ia punya segudang pengalaman."

Sementara itu, Karim Benzema menyebut bahwa kedatangan dan kehadiran Zidane membawa angin segar bagi penampilan Real Madrid.

"Kembalinya Zidane ke klub ini demikian berarti. Setiap orang merasa demikian senang berada bersama dia. Ini modal berharga untuk melangkah di musim depan," kata Benzema.

Baca juga: Zidane klaim Benzema Nomor 9 terbaik di dunia

Baca juga: Suka cita Zidane untuk Benzema dan empati bagi Bale

Baca juga: Zidane jamin Real Madrid pasti berubah

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar