Sleman (ANTARA) - Tanago Friesian berhasil menaklukan seterunya Scorpio 73-53 dalam laga derby Jakarta pada pertandingan bola basket UII-Playoff Srikandi Cup Pool B di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Senin malam.

Tanago Friesian Jakarta bermain lebih agresif dengan menerapkan stratergi full court press di awal. Upaya ini terbukti ampuh.

Christine Tjundawan yang bertindak sebagai kapten tim, langsung memimpin rekan-rekannya dalam menggalang perolehan angka.

Pada kuarter pertama, ia berhasil mencetak tujuh poin, sekaligus membawa Tanago unggul sementara 12 angka (20-8).

Tidak hanya Christine yang tampil cemerlang di awal, nama lainya yang patut di kedepankan adalah Stella Fabiola, pemain yang datang dari bangku cadangan. Stella berhasil membuat enam angka di kuarter pertama ini lewat dua kali eksekusi tembakan tiga angka beruntun yang dibuatnya.

Stella Fabiola kembali mempertegas keunggulan timnya pada kuarter kedua, ia mampu mencuri bola dan membawanya bebas ke area lawan dan menambah skor menjadi 37-25.

Absennya pemain center andalan Scorpio Jakarta di game ini Priscilla Annabel Karen, membuat permainan tim asuhan Budi Wardoyo tersebut sedikit timpang.

Hal sebaliknya, Tanago semakin nyaman untuk mengumpulkan pundi-pundi angkanya kembali.

Menutup kuarter kedua, skuad asuhan Abrizalt Hasiholan tersebut masih tetap unggul 41-29.

Kemenangan Tanago di dua kuarter awal di karenakan mereka menguasai paint area lawan (mencetak 22 poin) dan memanfaatkan kesalahan yang di buat oleh lawan.

Dua kuarter berikutnya Tanago berhasil kembali memaksimalkan kekuatannya. Christine Tjundawan kembali bermain gemilang, menutup kemenangan Tanago pada game hari ini, pebasket berparas cantik asal Surabaya tersebut bahkan sukses mengoleksi raihan double-double (21 poin, 11 rebound). Ia pun turut mencetak dua assist, tiga steal dan satu blok.

Nur Rahmawati, kapten tim Scorpio Jakarta menjadi topskor untuk timnya, ia berhasil mencetak 17 poin, satu rebound dan tiga steal.

"Absennya Karen memang sedikit mempengaruhi kami, tapi itu bukan alasan mutlak. Kami kurang greget dan siap, selanjutnya kami harus mengevaluasi permainan kami dan tampil lebih baik lagi," Nur Rahmawati.

Sedangkan andalan Tanago Friesian Christine Tjundawan yang juga merupakan salah satu tulang punggung tim PON Jatim mengatakan kemenangan tersebut didukung persiapan timnya lebih baik

"Persiapan kami lebih baik, mengingat ini babak playoffs yang sangat serius dan sekaligus menentukan, game plan tadi juga berjalan dengan baik. Kami semua harus terus menjaga penampilan kami seperti ini pada pertandingan selanjutnya," katanya.

Baca juga: Srikandi Cup rilis jadwal playoff, dibuka GMC kontra Tenaga Baru

Baca juga: GMC Cirebon kalahkan Tenaga Baru Pontianak 81-56

Baca juga: Sebut Merpati-Sahabat favorit, Fanny mau Tenaga Baru lolos semifinal

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019