counter

KAI siapkan 10 kereta "sleepers" Lebaran 2019

KAI siapkan 10 kereta "sleepers" Lebaran 2019

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Kira-kira ada 10 kereta yang kita pesan dari Inka."
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia menyiapkan 10 unit kereta sleepers untuk angkutan Lebaran 2019 dalam upaya untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

“Kira-kira ada 10 kereta yang kita pesan dari Inka,” kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro saat akan menginspeksi Angkutan Lebaran 2019 di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa.

Edi menuturkan kereta sleepers semakin diminati oleh masyarakat, meskipun saat ini baru tersedia rute Jakarta-Surabaya.

Kereta sleeper dilengkapi berbagai sarana privat bagi penumpang layaknya di kelas bisnis dalam pesawat, seperti kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik, layanan hiburan berupa TV 12 inci dengan alat suara di telinga, USB catu daya, meja makan lipat, bantal dan selimut, tempat sampah, kaca, tempat cangkir, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan gantungan jaket yang semuanya tersedia privat di setiap kursi.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kereta "Sleeper" Beroperasi Besok, Harga Tiket Promo Rp 900.000", https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/11/112857426/kereta-sleeper-beroperasi-besok-harga-tiket-promo-rp-900000.
Penulis : Ridwan Aji Pitoko
Editor : Erlangga DjumDia menambahkan sebanyak 10 rangkaian kereta itu dipesan dari PT Industri Kereta Api (Inka).
Dihubungi terpisah, General Manager Sekretaris Perusahaan Inka Puguh Dwi Tjahjono mengatakan saat ini empat unit sudah dikirim ke KAI.

Sementara itu, enam unit dalam tahap penyelesaian dan akan dikirim untuk angkutan Lebaran.

Penambahan unit kereta sleepers dilakukan karena jumlah penumpang pada Lebaran 2019 diprediksi naik tiga hingga lima persen, sehingga ketersediaan kursi ditambah dari 236.210 per hari menjadi 247.010 per hari.

Selain itu KAI juga mengoperasikan kereta tambahan terdiri atas 27 kereta eksekutif dan bisnis, 11 kereta ekonomi non-PSO, empat ekonomi PSO, dan delapan kereta api.

KAI juga menyediakan 2.500 kursi mudik gratis di Lebaran 2019 atau naik dari 1.500 kursi tahun lalu.

Baca juga: KAI prediksi kenaikan angkutan Lebaran 3-5 persen
Baca juga: Pastikan kesiapan angkutan Lebaran, KAI operasikan kereta inspeksi


Jelang lebaran, kantor pos tingkatkan pelayanan

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar