Manokwari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat mencatat partisipasi pemilih pada pemilu serentak di daerah tersebut sudah lebih dari 80 persen.

Ketua KPU Manokwari, Muin Salewe, Selasa, menyebutkan berdasarkan data yang sudah masuk jumlah pemilih yang menyalurkan hak suaranya pada pemilu serentak ini sudah mencapai 115 ribu dari 144 878 data pemilih di daerah ini.

Menurutnya, Manokwari berhasil melampaui target yang diberikan KPU RI. Ia yakin jumlah ini akan terus meningkat karena belum semua data masuk.

"Kalau untuk tembus ke 90 persen, kemungkinan berat. Tapi yang pasti 80 persen lebih," katanya.

Pada pemilu serentak ini, lanjut Muin, KPU RI memberi target partisipasi pemilih 79,5 persen. Perolehan ini dinilai cukup bagus karena bisa melampai target KPU RI maupun KPU Provinsi Papua Barat.

Terkait tahapan rekapitulasi, Muin berujar, saat ini sebagian besar panitia pemilihan distrik (PPD) sedang melaksanakan pleno. Dari sembilan distrik di daerah tersebut, tersisa Warmare yang belum memulai pleno rekapitulasi.

"Tapi sudah ada konfirmasi dari PPD setempat. Pleno rekapitulasi suara Distrik Warmare akan dilaksanakan pada 26 dan 27 April, berarti lusa mereka akan melakukan rekap," katanya lagi.

Muin menambahkan, dari seluruh distrik di daerah tersebut, Manokwari Barat merupakan distrik yang paling padat. Jumlah TPS di distrik paling banyak dibanding delapan distrik lainnya.

Distrik kota ini dipecah menjadi dua daerah pemilihan untuk DPRD kabupaten. PPD Manokwari Barat sudah memulai pleno rekapitulasi suara sejak Jumat pekan lalu dan hingga saat ini belum selesai.

"TPS dan DPT-nya paling banyak. Mudah-mudahan pleno berjalan lancar dan tidak ada permasalahan yang menonjol," katanya lagi.

Pewarta: Toyiban
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019