counter

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2019

Hentikan Zhang/Li, Hafiz/Gloria ke babak dua Kejuaraan Asia

Hentikan Zhang/Li, Hafiz/Gloria ke babak dua Kejuaraan Asia

Pasangan ganda campuran Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja mengalahkan Zhang Nan/Li Yinhui asal Cina dengan skor 21-11, 19-21 dan 25-23 di babak pertama Badminton Asia Championships 2019 yang berlangsung di Wuhan Sports Center, Wuhan, Cina, Selasa (23/4/2019). ANTARA/Humas PBSI/aa

Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja melangkah ke babak kedua kejuaraan Badminton Asia Championships (Kejuaraan Asia) 2019 yang diselenggarakan di Wuhan Sports Center, Wuhan, Cina.

Dalam pertandingan babak pertama yang berlangsung pada Selasa, Hafiz/Gloria berhasil mengalahkan pasangan asal Cina Zhang Nan/Li Yinhui dalam tiga gim yang berjalan selama 52 menit dengan skor 21-11, 19-21, 25-23.

Menurut Hafiz, pola permainan pasangan asal Negeri Tirai Bambu tersebut kali ini lebih banyak bertahan, berbeda dengan biasanya yang kerap tampil dengan pola permainan cepat dan terus menyerang dari awal.

“Permainan Zhang/Li beda dengan biasanya yang dari awal langsung mempercepat tempo permainan. Sekarang mereka banyak main bertahan. Kami kaget dengan perubahan permainan mereka,” kata Hafiz dikutip dari laman resmi PBSI, Selasa.

Meskipun demikian, dia menuturkan perubahan pola permainan lawan yang kali ini banyak bertahan justru lebih menguntungkan. Dengan begitu, sambung dia, lawan akan semakin mudah untuk diserang secara terus-menerus.

“Sebetulnya, kondisi lawan yang banyak bertahan itu lebih menguntungkan buat kami. Karena memang lawan sengaja main bertahan dengan mengangkat bola terus-terusan, kami jadi lebih enak untuk menyerang,” tutur Hafiz.

Sementara itu, bagi Gloria, meskipun sempat unggul pada gim pertama, justru upaya maksimal itu harus terus ditunjukkan hingga gim terakhir. Pada gim penentu itu, dia pun mengaku tampil dengan lebih siap dan lebih berani.

“Sebetulnya di gim kedua kami sudah unggul, tapi keadaannya malah berbalik. Lawan bermain pelan dan kami terbiasa main cepat, jadi kami tidak siap. Di gim ketiga, kami mencoba untuk lebih bisa melawan diri sendiri, harus siap maju dan jangan tegang, lebih berani lagi,” ungkap Gloria.

Untuk selanjutnya, di babak dua, Hafiz/Gloria akan berhadapan dengan pasangan asal India Utkarsh Arora/Karishma Wadkar.

Selain Hafiz/Gloria, ganda campuran Indonesia yang juga lolos ke babak dua adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang sebelumnya mengalahkan pasangan Vietnam Do Tuan Duc/Pham Nhu Thao dengan skor 21-11, 21-14, serta pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang menyisihkan ganda India Rohan Kapoor/Kuhoo Garg 21-5, 21-15.

Sementara pasangan Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami menyerah kepada unggulan kedua Wang Yilyu/Huang Dongping 22-20, 18-21, 17-21. 

Badminton Asia Championships 2019 berlangsung mulai 23 hingga 28 April 2019 di Wuhan Sports Center, Wuhan, Cina. Total hadiah yang diperebutkan dalam kejuaraan bulu tangkis itu mencapai 400.000 dolar Amerika Serikat.

Baca juga: Rinov/Pitha lolos ke babak dua Badminton Asia Championships 2019

Baca juga: Tim tunggal putra siapkan kondisi fisik jelang Asia Championship 2019


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar