counter

Kedekatan budaya-sejarah dasar peningkatan hubungan Indonesia-India

Kedekatan budaya-sejarah dasar peningkatan hubungan Indonesia-India

Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M. Fachir menyampaikan sambutan dalam acara Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India di Jakarta, Selasa (23/4/2019) (ANTARA/Yuni Arisandy)

Jakarta (ANTARA) - Kedekatan budaya dan sejarah yang terjalin sejak lama antara bangsa Indonesia dan India dapat menjadi dasar bagi upaya peningkatan hubungan dan kerja sama bilateral kedua negara, kata Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M. Fachir di Jakarta, Selasa.

Pernyataan tersebut disampaikan Wamenlu RI A.M. Fachir usai acara Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India yang diadakan di Kantin Diplomasi Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta.

"Hubungan kita (Indonesia-India) tidak hanya dalam 70 tahun terakhir, tetapi jauh sebelum itu interaksi kedua bangsa telah berlangsung jauh sejak puluhan tahun lalu. Kita jadikan ini sebagai basis hubungan  ke depan," ujar dia.

Dia berharap bahwa acara perayaan tersebut bukan hanya sekadar untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik, namun juga dapat dimanfaatkan sebagai momentum yang mengkaji kondisi hubungan kedua negara sejauh ini dan visi hubungan di masa depan.

"Momentum ini di satu sisi sebagai refleksi hubungan kita selama ini, tetapi di sisi yang lain juga bagaimana kita melihat ke depan. Kita sering bicara tentang apa yang di belakang, tetapi implementasinya ke depan seperti apa," ucap Wamenlu Fachir.

Indonesia dan India menjalin kemitraan strategis pada 2005, kemudian status kemitraan itu ditingkatkan menjadi kemitraan strategis komprehensif pada 2018.

"Memang kalau bicara kemitraan strategis komprehensif, artinya semua aspek kehidupan, semua aspek bidang dan kerja sama lebih terstruktur, sistematis dan terukur," jelasnya.

Indonesia dan India telah membangun kerja sama di bidang pertahanan dan militer. Selain itu, pemerintah kedua negara juga telah menargetkan nilai kerja sama ekonomi bilateral Indonesia-India dapat mencapai 50 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada 2025.

"Sekarang memang masih 18-19 miliar dolar AS. Dalam setahun kita berambisi untuk meningkatkan cukup besar. Kita juga tingkatkan potensi kerja sama antar rakyat. India cukup banyak turisnya yang ke Indonesia. Hampir setengah juta dalam setahun," ungkapnya.

Dia menambahkan, pemerintah kedua negara akan terus berupaya memperkuat kerja sama yang sudah terjalin selama ini dan mengeksplor peluang-peluang potensial untuk membentuk kerja sama baru yang menguntungkan masyarakat kedua negara.

"Dan harapannya kita bisa tingkatkan kerja sama ke depannya, di bidang maritim," ujar Wamenlu Fachir.
Baca juga: Indonesia-India Mulai Kerjasama Komprehensif Bidang Ekonomi
 Baca juga: Indonesia-India perkuat kerja sama industri
Baca juga: India siap bantu Indonesia kembangkan kapal maritim

Mengobati rindu kepada keluarga dengan video call

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar