Deir Ez-Zour (ANTARA) -  AS pada Senin (22/4) melakukan pengiriman baru buat kelompok teror YPG/PKK di Suriah Timur, kata beberapa sumber lokal.

Sebanyak 200 truk yang berisi barang dan perlengkapan bangunan dikirim oleh AS ke Provinsi Deir Ez-Zour di Suriah Timur dari Irak, kata beberapa sumber lokal, yang tak ingin disebutkan jatidiri mereka karena alasan keamanan, kepada Kantor Berita Turki Anadolu.

Menurut sumber itu, barang yang dikirim tersebut direncanakan diserahkan kepada "pemerintah lokal" yang dikuasai oleh YPG/PKK.

Perlengkapan bangunan tersebut, kata sumber yang sama, dapat digunakan oleh gerilyawan YPG/PKK untuk membuat terowongan.

Kelompok teror itu belum lama ini telah melakukan penggalian, dari barat ke timur, di sepanjang perbatasan Suriah dengan Irak, kata Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa malam.

Pada 15 April, juru kamera Anadolu merekam video mengenai anggota YPG/ PKK yang sedang melakukan penggalian di daerah tersebut.

Pada September lalu, anggota YPG/PKK --yang didukung oleh koalisi pimpinan AS-- melakukan operasi gabungan terhadap kubu terakhir kelompok gerilyawan fanatik Da'esh di Deir Ez-Zour.

Pada Februari tahun ini, anggota Da'esh diusir dari wilayah itu --kevakuman yang dengan cepat diisi oleh anggota YPG/PKK.

Sejak itu, AS terus melanjutkan pengiriman buat YPG/PKK, yang meliputi sejumlah Hummer SUV.

Pada 2 April, hampir 100 truk memasuki wilayah yang dikuasai YPG/PKK di Deir Ez-Zour.

Dalam lebih dari 30-tahun aksi teror melawan Turki, PKK --yang juga dipandang sebagai organisasi teroris oleh AS dan Uni Eropa-- telah bertanggung-jawab atas kematian hampir 40.000 orang, termasuk banyak warga sipil.

YPG/PYD, yang sering beroperasi dengan menggunakan nama "SDF", adalah cabang PKK di Suriah.

Sumber: Anadolu Agency
Baca juga: Badan Amal Turki desak dilakukannya pengiriman tepung terigu ke Suriah
​​​​​​​
Baca juga: Badai tunda pengiriman bantuan PBB dari Irak ke Suriah

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019