counter

Liga Spanyol

Bungkam Alaves, satu tangan Barcelona genggam trofi juara

Bungkam Alaves, satu tangan Barcelona genggam trofi juara

Gelandang Barcelona Carles Alena (kanan) merayakan golnya ke gawang Alaves bersama rekannya Luis Suarez dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion Mendizorroza, Vitoria-Gasteiz, Spanyol, Selasa (23/4/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Vincent West)

Jakarta (ANTARA) - Barcelona meletakkan satu tangan mereka di trofi Liga Spanyol setelah membungkam Alaves 2-0 dalam laga pekan ke-34 di Stadion Mendizorroza, Vitoria-Gasteiz, Spanyol, Rabu dini hari WIB.

Gol Carles Alena dan eksekusi penalti Luis Suarez membuat Barcelona kini mengoleksi 80 poin di puncak klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Barcelona unggul 12 poin atas Atletico Madrid (68) yang menduduki posisi kedua. Jika pesaingnya itu kalan melawan tuan rumah Valencia (52) pada Kamis dini hari esok (25/4), maka Barcelona praktis juara liga.

Setelah bermain imbang tanpa gol pada babak pertama, Barcelona akhirnya memecahkan kebuntuan sembilan menit memasuki babak kedua lewat gol Alena.

Berawal dari umpan kiriman Sergio Roberto, Alena mengendalikan bola memasuki kotak penalti dan melepaskan tembakan melengkung yang tak mampu dijangkau kiper Fernando Pacheco.

Tiga menit kemudian, Barcelona mendapatkan kesempatan emas untuk menggandakan keunggulan ketika bola tendangan bebas jatuh ke kaki Gerard Pique yang segera mengoyak gawang Alaves lagi.

Namun gol itu dianulir karena bola terlebih dulu mengenai tangan Tomas Pina di dalam area terlarang yang segera direspon wasit Adrian Cordero Vega dengan menunjuk titik putih

Vega sempat berkonsultasi dengan VAR namun tak mengubah keputusannya dan Suarez yang menjadi algojo dengan dingin menaklukkan Pacheco untuk menggandakan keunggulan Barcelona pada menit ke-60.

Sejumlah peluang tercipta pada sisa waktu, namun tak ada gol tambahan hingga laga usai, menyisakan Alaves (46) yang tertahan pada urutan kedelapan klasemen akibat kalah 0-2 dari tamunya.

Susunan pemain:
Alaves (5-4-1): Fernando Pacheco; Carlos Vigaray, Ximo Navarro, Victor Laguardia, Rodrigo Ely (Patrick Twumasi), Ruben Duarte; Diego Rolan (Darko Brasanac), Mubarak Wakaso, Tomas Pina, Jony (John Guidetti); Borja Baston
Pelatih: Abelardo Fernandez

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo (Jordi Alba), Gerard Pique, Samuel Umtiti, Sergi Roberto; Arturo Vidal, Sergio Busquets, Carles Alena (Arthur); Ousmane Dembele (Lionel Messi), Luis Suarez, Philippe Coutinho
Pelatih: Ernesto Valverde

Baca juga: Barca ingin pastikan juara La Liga sebelum laga Liga Champions
 

Arema FC tandai awal Liga 1 dengan 3 jersey baru

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar