counter

Kemarin, Kereta sleepers Lebaran sampai PLN siap kooperatif dengan KPK

Kemarin, Kereta sleepers Lebaran sampai PLN siap kooperatif dengan KPK

Dokumentasi - Direktur Utama PLN Sofyan Basir, melambaikan tangan saat meninggalkan Gedung KPK setelah diperiksa terkait dugaan korupsi proyek PLTU Riau-1, di Jakarta, Jumat (20/7). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aa)

Jakarta (ANTARA) - Mulai dari PT KAI siapkan 10 kereta "sleepers" untuk Lebaran 2019 hingga PLN akan kooperatif dengan KPK terkait dugaan kasus hukum yang menimpa direktur utamanya, berikut ini tujuh info penting ekonomi kemarin yang layak disimak.

1. PLN akan bersikap kooperatif kepada KPK

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan akan bersikap kooperatif kepada KPK atas dugaan kasus hukum yang menimpa Direktur utama PLN Sofyan Basir.

"Kami meyakini bahwa Pimpinan kami beserta jajaran akan bersikap kooperatif manakala dibutuhkan dalam rangka penyelesaian dugaan kasus hukum yang terjadi," kata SVP Hukum Korporat PLN Dedeng Hidayat.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini.

2. Kementerian BUMN hormati proses hukum Sofyan Basir

Kementerian BUMN menghormati proses hukum yang sedang dihadapi oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir yang dijadikan tersangka oleh KPK terkait kasus proyek pembangunan PLTU Riau-1.

"Kementerian BUMN terus meminta agar semua kegiatan BUMN terus berpedoman pada tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan mendukung upaya-upaya pemberian informasi yg benar dan berimbang sebagai wujud organisasi yang menghormati hukum," kata Sekretaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto Putro.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

3. KAI siapkan 10 kereta "sleepers" Lebaran 2019

PT Kereta Api Indonesia menyiapkan 10 unit kereta sleepers untuk angkutan Lebaran 2019 dalam upaya untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

Penambahan unit kereta sleepers dilakukan karena jumlah penumpang pada Lebaran 2019 diprediksi naik tiga hingga lima persen.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

4. Pemerintah dorong sekam padi jadi sumber energi listrik

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mendorong sekam padi untuk bisa menjadi sumber energi listrik potensial sebagai upaya pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT).

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam (SDA) dan Jasa Kemenko Maritim Agung Kuswandono mengatakan daerah-daerah di Indonesia tidak bisa seluruhnya mendapat pasokan listrik secara konvensional dengan menggunakan kabel.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

5. BI awasi dampak tingginya harga tiket pesawat ke inflasi

Bank Indonesia mengaku akan menyiapkan langkah antisipasi untuk membendung dampak dari masih tingginya harga tiket pesawat kepada inflasi terutama menjelang momentum konsumsi tinggi pada Ramadan dan Lebaran.

Kenaikan harga tiket pesawat khususnya rute domestik sudah terjadi sejak awal Januari 2019. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, peningkatan harga tiket pesawat telah menyumbang inflasi sebesar 0,03 persen pada inflasi Maret 2019.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

6. Kadin minta tidak perlu khawatirkan tenaga kerja asing

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan isu membanjirnya tenaga kerja asing (TKA) ke Indonesia.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa menyebutkan jumlah TKA yang masuk ke Indonesia tercatat sekitar 98.000 orang lebih, jauh dibandingkan dengan total 130 juta tenaga kerja Indonesia, atau hanya 0,03 persennya.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

7. KSSK: Pemilu aman beri kepercayaan publik atas kondisi ekonomi

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan penyelenggaraan pemilihan umum yang berjalan aman telah memberikan kepastian dan meningkatkan kepercayaan publik atas berjalannya kegiatan ekonomi maupun stabilitas sistem keuangan.

"Dengan telah diselenggarakan pemilu yang aman, ini memberikan suatu kepercayaan publik kepada situasi perekonomian dan stabilitas sektor keuangan," kata Menteri Keuangan selaku Ketua KSSK Sri Mulyani Indrawati.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

Dirlantas pastikan seluruh jalur mudik di Jabar siap digunakan H-10 Lebaran

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar