counter

Tiga festival Sulut masuk "100 Wonderful of Event 2019"

Tiga festival Sulut masuk "100 Wonderful of Event 2019"

Ilustrasi. Destinasi wisata di Sulawesi Utara. (Istimewa)

Tiga festival tersebut adalah Festival Bunaken, Festival Tomohon International Flower Festival, Festival Selat Lembeh
Manado (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen MS mengatakan sebanyak tiga festival pariwisata di daerahnya masuk dalam agenda nasional "100 Wonderful of Event 2019".

"Tiga festival tersebut adalah Festival Bunaken, Festival Tomohon International Flower Festival, Festival Selat Lembeh," jelas Silangen di Manado, Rabu.

Pagelaran ketiga festival ini menyuguhkan beragam produk kesenian daerah serta atraksi dan kelengkapan lainnya seperti olahraga, fesyen, kuliner, budaya dan yang lainnya.

"Ajang pariwisata ini didorong untuk meningkatkan perekonomian dan investasi di Sulut melalui pemberdayaan masyarakat, peningkatan kunjungan wisata, serta peningkatan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Silangen berharap, Kementerian Pariwisata menambah agenda kepariwisataan dari kabupaten dan kota lain di Sulut agar masuk "100 Wonderful of Event 2019".

Masing-masing kabupaten dan kota, lanjut Silangen, memiliki program pariwisata yang dapat dikemas menarik seperti Festival Tulude di Kabupaten Kepulauan Sangihe, hingga Festival Teluk Tomini di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Provinsi ujung utara Sulawesi itu, lanjut dia, memiliki produk wisata utama sebagai destinasi wisata bahari (marine tourism) yaitu Taman Nasional Bunaken.

Taman Nasional Bunaken dikategorikan wisata bahari berkelas dunia dan telah menjadi ikon pariwisata Kota Manado.

Selain itu, Sulut memiliki destinasi wisata budaya dan ekowisata antara lain Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Kota Tomohon serta Tondano di Kabupaten Minahasa dan sekitarnya, Taman Nasional Bunaken dan sekitarnya, sementara Bitung-Lembeh dan sekitarnya sebagai pendukung.

Baca juga: Pemerintah dan BI tetapkan enam kebijakan kejar devisa parawisata

Presiden tidak ingin KEK Mandalika salah manajemen

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar