Jadi kalau dari hitungan perolehan suara yang kita yakini ini, kursi ketua dewan didapat partai kita (PAN), ucapnya
Banjarmasin (ANTARA) - Partai Amanat Nasional (PAN) merajai perolehan pemungutan suara pada Pemilu 2019 untuk pemilihan legislatif di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Menurut Ketua DPD PAN Kota Banjarmasin Heri Wijaya di Banjarmasin, Rabu, partainya dipastikan mendapat 10 kursi di DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024.

Ia menyatakan itu sesuai data C1 yang sudah dipegang pihaknya, di mana PAN meraih suara di atas 10 ribu per daerah pemilihan (dapil).

"Insya Allah kita pemenang di pemilihan legislatif kota," tuturnya.

Heri mengatakan, rata-rata perolehan suara di setiap dapil dapat mendudukkan dua calon legislatif (caleg), dimana di Kota Banjarmasib ada lima dapil.

"Jadi kalau dari hitungan perolehan suara yang kita yakini ini, kursi ketua dewan didapat partai kita (PAN)," ucapnya.

Ia mengungkapkan, perhitungan suara masih diproses di tingkat kecamatan, karenanya masih ditunggu jumlah resminya.

"Semoga saja tidak ada perubahan, kita pastinya akan mengawal terus perolehan suara ini," tutur Heri.

Ia menjelaskan, gebrakan PAN pada Pemilu 2019 ini sangat efektif hingga ada peningkatan perolehan suara lebih 100 persen dibanding Pileg 2014, yang saat itu hanya meraih empat kursi, yakni, minus satu kursi di Dapil Banjarmasin Utara.

Pada Pileg 2014 lalu, Partai Golkar yang memperoleh kursi terbanyak, yakni delapan kursi dan berhak menduduki kursi ketua dewan.

Namun pada Pileg 2019 ini, Ketua DPD Golkar Hj Ananda mengakui bahwa perolehan suara partainya di tingkat pemilihan legislatif Kota Banjarmasin menurun, sehingga kursi ketua dewan akan terlepas, yang saat ini dipegangnya.

"Sejauh ini prediksi kita hanya memperoleh enam kursi pada Pileg 2019 ini," katanya.

Sementara ini, proses Pemilu 2019 di Kota Banjarmasin sudah memasuki tahap rekapitulasi perhitungan surat suara di tingkat kecamatan.

Pewarta: Sukarli
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019