counter

ACT ajak maknai Ramadhan dengan kedermawanan

ACT ajak maknai Ramadhan dengan kedermawanan

Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ahyudin saat pembukaan diskusi "Marhaban ya Dermawan" yang diadakan di Jakarta, Rabu (24/4/2019). (ANTARA/Dewanto Samodro)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ahyudin mengajak umat Islam Indonesia untuk memaknai Ramadhan 1440 H sebagai "tamu agung" dengan kedermawanan melalui tema "Marhaban yaa Dermawan".

"Saat Ramadhan, orang kaya, orang miskin, orang sehat, orang sakit, orang tua, dan orang muda wajib berzakat. Itu adalah kedermawanan," kata Ahyudin saat membuka diskusi yang diadakan di Jakarta, Rabu.

Ahyudin mengatakan ACT adalah fasilitator yang menjadi jembatan silaturahmi antarumat. ACT ingin umat Islam di mana pun berada bisa ikut memaknai Ramadhan 1440 H.

Pada Ramadhan 1440 H, ACT bertekad menyalurkan 15 ribu ton pangan untuk 600 ribu keluarga Muslim di Indonesia dan di luar negeri.

"Sebanyak 10 ribu ton akan disalurkan di dalam negeri dan lima ribu ton untuk disalurkan di luar negeri. Setiap kepala keluarga tidak boleh menerima kurang dari 25 kilogram," tuturnya.

Menurut Ahyudin, proposal program ACT pada Ramadhan 1440 H tersebut sudah dikirimkan ke langit. Dia berharap program tersebut bisa terlaksana.

"Kami selalu berharap ACT bisa menjadi operator projek-projek Allah di bidang kemanusiaan," katanya.

Melalui program-program yang dimiliki, ACT ingin berupaya menghidupkan sikap kedermawanan di kalangan umat. Menurut Ahyudin, kedermawanan adalah bentuk berjihad melalui harta.

Ahyudin juga berharap Ramadhan yang akan segera datang bisa meneduhkan bangsa Indonesia setelah disibukkan dengan hiruk pikuk Pemilu 2019.

"Insya Allah kamu akan menerjunkan 10 ribu relawan ke berbagai pelosok," ujarnya. (*)

ACT Segera Lepas Kapal Kemanusiaan ke Somalia

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar