counter

Sultan harapkan pemerintah pusat bangun infrastruktur Joglosemar

Sultan harapkan pemerintah pusat bangun infrastruktur Joglosemar

Sri Sultan HB X mendampingi Menhub Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, DIY. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kami punya kesepakatan dengan pemerintah pusat yang akan membangun tol untuk Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Semarang lewat Bawen-Secang-Borobudur-Yogyakarta-Solo
Kulon Progo (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X mengharapkan pemerintah pusat segera membangun infrastruktur pengembangan Yogyakarta-Solo-Semarang atau Joglosemar untuk mendukung pariwisata dan Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo.

Sultan di Kulon Progo, Rabu, mengatakan pihaknya sudah membuat kesepakatan dengan pemerintah pusat dengan pengembangan Joglosemar sebagai kekuatan pengembangan pariwisata.

"Kami punya kesepakatan dengan pemerintah pusat yang akan membangun tol untuk Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Semarang lewat Bawen-Secang-Borobudur-Yogyakarta-Solo," kata Sri Sultan HB X saat meninjau Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Rabu.

Selain itu, ada kesepakatan pembangunan outer Ring Road dari Tempel-Prambanan keselatan, kemudian ke barat tembus Sentolo. Kemudian, dari Sentolo langsung ke Dekso langsung Muntilan tembus tol Borobudur-Yogyakarta.

Selanjutnya, dari Temon ke utara ke atas kemudian sampai Dekso. Di samping ada kemungkinan ada tol dari Jakarta-Bandung kemudian ke Kroya sampai Yogyakarta-masuk Yogyakarta-Solo. Tapi rencana tersebut masih dalam pembicaraan untuk membicarakan lokasinya.

Kesepakatan lain juga bagaimana pengembangan Yogyakarta-Solo dimungkinkan untuk dari Temon-Prambanan ini dimungkinkan juga tembus ke Manisrenggo (Klaten) keluar Boyolali dan Salatiga, supaya menjadi alternarif wisata untuk lereng Merapi tumbuh.

"Di Boyolali ada Selo yang bisa melihat Merapi dan Merbabu dan bisa tumbuh ke Kopeng dan kawasan lainnya. Harapannya, pengembangan Joglosemar ini bisa tumbuh, tidak hanya sekedar Borobudur," harapnya.

Kalau infrastruktur Joglosemar bisa dibangun, Sultan optimistis pengembangan ini, maka akan semakin cepat pihak ketiga akan berinvestasi.

"Saya juga optimistis dengan adanya Bandara Internasional Yogyakarta dan pengembangan Joglosemar, tidak hanya Yogyakarta yang berkembang, Joglosemar ini bisa tumbuh objek wisatanya," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar