counter

Rupiah kembali melemah jelang pengumuman hasil RDG BI

Rupiah kembali melemah jelang pengumuman hasil RDG BI

Rupiah terhadap Dolar (Antara foto)

Bagusnya data ekonomi yang dirilis di AS menjadi faktor yang membuat pelaku pasar meragukan pemotongan tingkat suku bunga acuan
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore kembali melemah jelang pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) Kamis (25/4) besok.

Rupiah melemah 25 poin atau 0,18 persen menjadi Rp14.105 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.080 per dolar AS.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu, mengatakan, sentimen eksternal yang memengaruhi pergerakan rupiah hari ini yaitu terkait data perumahan AS yang menguat dan meredakan kekhawatiran perlambatan negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut.

"Bagusnya data ekonomi yang dirilis di AS menjadi faktor yang membuat pelaku pasar meragukan pemotongan tingkat suku bunga acuan," ujar Ibrahim.

Departemen Perdagangan AS mencatat, penjualan rumah baru naik 4,5 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 692.000 unit bulan lalu, level tertinggi sejak November 2017. Itu jauh di atas perkiraan para ekonom untuk penurunan menjadi 647.000 unit.

Sentimen negatif bagi rupiah lainnya yaitu, potensi meletusnya perang dagang antara AS dengan Uni Eropa. Melalui sebuah cuitan di Twitter, Presiden AS Donald Trump mengungkapkan kegeramannya kepada Uni Eropa seiring dengan anjloknya laba bersih pabrikan motor Harley Davidson pada kuartal-I 2019 yang nyaris mencapai 27 persen.

Selain itu, adanya ketidakpastian terkait Brexit setelah kembalinya parlemen dari reses libur Paskah, membawa putaran baru adanya desas-desus dari anggota parlemen yang berhaluan konservatif ingin menggulingkan Theresa May dari jabatannya sebagai perdana menteri Inggris.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah Rp14.091 dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.091 per dolar AS hingga Rp14.126 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, Rupiah melemah menjadi Rp14.112 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.080 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah melemah seiring potensi perlambatan permintaan domestik
Baca juga: Rupiah Rabu pagi melemah 32 poin

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemerintah kaji dampak perang dagang AS ke China dan Uni Eropa

Komentar