Akuatik

Perenang top dunia tampil di FINA Champions Swim Series

Perenang top dunia tampil di FINA Champions Swim Series

Perenang China Sun Yang menyanyikan lagu kebangsaan Cina usai Final Gaya Bebas putra 800 Meter Asian Games 2018 di Aquatic Center, Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (20/8/2018). Sun Yang meraih medali emas. (ANTARA FOTO/INASGOC/Jurnasyanto Sukarno) (ANTARA FOTO/INASGOC/Jurnasyanto Sukarno/)

Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 109 perenang top dunia dari 28 negara, termasuk juara Olimpiade Sun Yang, Ye Shiwen, Chad Le Clos, Katinka Hosszu, dan Sarah Sjostrom, akan tampil pada FINA Champions Swim Series, turnamen baru yang akan diadakan di Guangzhou, China, 27-28 April.

Baca juga: Pertahankan kondisi tubuh tantangan tersulit bagi Sun Yang
Baca juga: Le Clos pecahkan rekor dunia 100m gaya kupu-kupu

FIFA Champions Swim Series, yang terdiri dari tiga seri lomba di Asia, Eropa dan Amerika, akan mempertemukan juara-juara Olimpiade dan kejuaraan dunia di berbagai nomor pertandingan.

Guangzhou menjadi kota pertama yang menjadi tuan rumah event ini. Seri kedua akan berlangsung di Budapest (Hongaria) pada 11-12 Mei, dan seri ketiga di Indianapolis, AS, 31 Mei-1 Juni.

Dikutip dari Xinhua, Kamis, event baru untuk perenang-perenang top dunia ini akan menyediakan hadiah total tiga juta dolar AS. Selain itu tiap perenang akan mendapat uang tampil sebesar 800 ribu dolar, sementara semua biaya transportasi dan akomodasi ditanggung oleh Federasi Renang Dunia (FINA).

Akan ada 17 nomor final yang dikemas dalam program padat dan atraktif selama dua jam, terdiri atas 14 nomor individual dan tiga nomor estafet. Nomor-nomor final pun hanya akan diikuti masing-masing empat perenang.

Hasil dari tiga seri kejuaraan FINA Champions Swim Series ini juga sebagai babak kualifikasi untuk Kejuaraan Dunia Renang 2019 di Gwangju, Korsel, dan Olimpiade Tokyo 2020.
Baca juga: FAI 2019 diakui FINA sebagai ajang kualifikasi Olimpiade 2020

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jepang dan Rikako Ikee kuasai renang Asian Games 2018

Komentar