Mantan presiden Afghanistan: pemilu harus dahulukan perdamaian

Mantan presiden Afghanistan: pemilu harus dahulukan perdamaian

Beberapa warga Afghanistan yang cedera sedang dirawat di sebuah rumah sakit, satu hari setelah Taliban mulai melancarkan serangan Musim Semi, di Provinsi Kunduz, Afghanistan, 13/4/2019. (REUTERS/STRINGER)

Moskow (ANTARA) - Perdamaian di Afghanistan adalah prioritas dan harus mendahului pemilihan presiden, kata mantan presiden Afghanistan Hamid Karzai pada Rabu (24/4).

"Pertama perdamaian. Prioritas buat kami ialah perdamaian di Afghanistan. Dengan perdamaian dan kestabilan, kami dapat melaksanakan pemilihan umum kami secara layak," kata Karzai. Ia menyambut upaya oleh Amerika Serikat dan Rusia baru-baru ini dalam memajukan perdamaian di Afghanistan dan ia berharap "melihat semua itu berhasil".

"Saya mengharapkan perbaikan saat kami menyaksikan beberapa bentuk kerja sama antara AS dan Rusia dimulai mengenai proses perdamaian di Afghanistan. Kami juga melihat keterlibatan China dalam proses ini. Ada pertemuan besok di Moskow antara wakil AS, Rusia dan China. Itu adalah pertanda baik," katanya.

Ia berkeras penyelesaian konflik Afghanistan dapat dicapai secara damai dan rakyat Afghanistan harus memainkan peran penting dalam merancangnya.

Sumber: Anadolu Agency

Baca juga: Pembicaraan perdamaian Afghanistan dibatalkan karena masalah delegasi
Baca juga: Rusia, AS, China bujuk Taliban ikuti pembicaraan antar-kelompok

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

DPRD tanggapi aksi protes pencari suaka di Batam

Komentar