counter

Susi Pudjiastuti minta pemda di Babel membangun industri produktif

Susi Pudjiastuti minta pemda di Babel membangun industri produktif

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat menjadi pembicara pada Sidang Pleno XVI Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) di Pangkalpinang, Kamis (25/4). (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Kalau industri ekstraktif tambang bijih timah saja, nanti kalau sudah habis cadangan sumber daya alam tersebut selanjutnya Bangka Belitung mau apa
Pangkalpinang (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti meminta pemerintah daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai membangun industri produktif dan tidak lagi membangun industri ekstraktif, guna meningkatkan pembangunan dan perekonomian masyarakat yang berkelanjutan.

"Kalau industri ekstraktif tambang bijih timah saja, nanti kalau sudah habis cadangan sumber daya alam tersebut selanjutnya Bangka Belitung mau apa," kata Susi Pudjiastuti saat menjadi pembicara pada Sidang Pleno XVI Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan industri produktif ini seperti pembangunan industri perikanan, ekowisata, geopark, pertanian, perkebunan dan lainnya, sehingga dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di daerah ini.

"Kalau industri ekstraktif tentu akan ada masa selesai dan tidak akan ada bijih timah. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus membangun industri produktif ini," katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah harus mulai meninggalkan pembangunan yang karakternya ekstraktif dan harus mulai membangun industri berkarakteristik produktif yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya pikir industri produktif ini hal yang bagus, karena produksi industri ekstraktif ini hanya sebentar saja," katanya.

Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah mengatakan hadirnya Menteri Susi Pudjiastuti diharapkan dapat melahirkan strategi untuk mengembangkan sumber daya alam dan meningkatkan ekonomi melalui ekowisata bahari.

"Ekowisata bahari merupakan satu strategi yang gigih untuk meningkatkan ekonomi. Menteri Susi mampu menjaga laut Indonesia sampai saat ini. Kehadiran beliau akan menambah konsisten kita menegakkan hukum jika terjadi pelanggaran di laut Indonesia, akan dikejar, tangkap dan tenggelamkan," ujarnya.

Baca juga: Menteri Susi: industri perikanan harus perhatikan keberlanjutan

Baca juga: Susi ungkap kelebihan manfaat perikanan dibanding tambang dan migas


 

Menteri BUMN jajal tol TransSumatera jelang musim mudik

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar