Perusahaan sudah menanam investasi besar untuk membangun jaringan 4G di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, dan dari uji coba di lima kota hasilnya sangat memuaskan tanpa ada gangguan sekalipun di tempat keramaian
Makassar (ANTARA) - Indosat Ooredoo memastikan jaringan telekomunikasi selama Ramadhan dan Lebaran 2019 akan berjalan tanpa gangguan menyusul telah dipersiapkannya infrastruktur 4G.

"Perusahaan sudah menanam investasi besar untuk membangun jaringan 4G di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, dan dari uji coba di lima kota hasilnya sangat memuaskan tanpa ada gangguan sekalipun di tempat keramaian," kata Group Head Network Strategy, Architecture and Solution Indosat Ooredoo, Kustanto kepada pers di Makassar, Kamis.

Hal itu disampaikan saat uji kesiapan jaringan Indosat Ooredoo menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriah. Uji kesiapan secara serentak juga dilakukan di Solo, Banjarmasin, Padang dan Malang.

Dikatakan, untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan, perusahaan telah meningkatkan kapasitas jaringan baik untuk data, suara, serta layanan pesan singkat (SMS) yang dipastikan akan meningkat penggunaannya saat Ramadhan dan Lebaran.

Seiring dengan tren digital dan penggunaan media sosial masyarakat yang terus meningkat, katanya, kesiapan kapasitas layanan data menjadi hal yang sangat penting, di mana perusahaan telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18.4 Terabyte per hari.

Untuk kapasitas data yang disiapkan ini untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 15-20 persen. Sementara untuk kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta SMS per hari, dan kapasitas layanan suara disiapkan hingga 37 juta Erlang per hari.

"Kedua trafik suara dan SMS ini juga sudah diperhitungkan untuk prediksi peningkatkan trafik yang mungkin terjadi," katanya.

Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk mengatakan kesiapan jaringan untuk Ramadhan dan Lebaran ditunjukkan melalui kegiatan uji jaringan yang dilakukan tidak hanya di Jawa namun juga di beberapa kota di luar Jawa, sebagai bagian dari kesiapan jaringan secara nasional di seluruh Indonesia.

Uji jaringan yang dilakukan serentak di lima kota karena merupakan tujuan mudik utama di seluruh Indonesia, masing-masing Solo-Jawa Tengah, Malang-Jawa Timur, Padang-Sumatera Barat, Banjarmasin-Kalimantan Selatan dan Makassar-Sulawesi Selatan pada 25 April 2019.

"Kelima kota itu merepresentasikan kantong-kantong mudik yang memiliki potensi tinggi terjadinya kepadatan tujuan mudik dan kenaikan trafik telekomunikasi cukup tinggi," kata Turina.

Dia mengatakan perluasan dan penguatan jaringan Indosat tidak akan berhenti di sini saja, tapi akan terus dilakukan di seluruh daerah dalam upaya memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Indosat Ooredoo amankan jaringan saat Pemilu 2019

Baca juga: Indosat yakini bisnis telekomunikasi 2019 tetap menjanjikan

Baca juga: Trafik data Indosat meningkat saat perayaan Tahun Baru 2019



 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019