counter

Mantan bos Nissan Ghosn kembali dibebaskan dengan jaminan

Mantan bos Nissan Ghosn kembali dibebaskan dengan jaminan

Mantan Ketua Nissan Motor Carlos Ghosn meninggalkan kantor pengacaranya di Tokyo, Jepang, dalam foto yang diambil oleh Kyodo, Rabu (3/4/2019). Foto diambil tanggal 3 April 2019. ANTARA FOTO/Kyodo/via REUTERS/cfo

Tokyo (ANTARA) - Mantan bos Nissan Motor Co, Carlos Ghosn akan kembali dibebaskan dari pusat penahanan di Jepang sejak ditangkap tahun lalu karena dicurigai menyelewengkan uang perusahaan.

Pengadilan Tokyo pada Kamis membebaskan Ghosn dengan uang jaminan sebesar 4,5 juta dolar AS.

Pengadilan Distrik Tokyo dalam satu pernyataan menyebutkan bahwa pihaknya mengabulkan permohonan jaminan dari tim pengacara Ghosn dan menetapkan jaminan sebesar 4,5 juta dolar AS.

Pengacara Ghosn pada Senin mengajukan permohonan jaminan setelah mantan eksekutif tersebut didakwa melanggar kepercayaan. Ia dituding memperkaya dirinya sendiri dengan mengantongi 5 juta dolar AS dari perusahaan Nissan sejak Juli 2017 hingga Juli 2018.

Ini kali kedua Ghosn dibebaskan dengan jaminan. Sebelumnya ia dibebaskan pada Maret, namun kembali ditangkap pada 4 April atas tuduhan baru. Membuatnya kembali ke pusat penahanan yang sama di Tokyo, tempat ia menghabiskan 108 hari pascapenangkapannya pada November. Ghosn membantah semua tuduhan terhadapnya.

Ghosn akan bebas meninggalkan pusat penahanan setelah memberikan jaminan, namun gerak-gerik dan percakapannya secara ketat akan dipantau dan dibatasi sesuai dengan kondisi jaminan sebelumnya.

Baca juga: Pemegang saham Nissan gulingkan Ghosn dari kursi direktur

Baca juga: Jaksa sita paspor dan ponsel istri mantan bos Nissan Ghosn


Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar