Semestinya dia akan 5,1 atau di atas itu
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2019 mencapai 5,1 persen.

"Semestinya dia akan 5,1, atau di atas itu," kata Darmin saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Darmin mengatakan salah satu sektor lapangan usaha yang bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan pada triwulan I-2019 adalah pertanian.

Menurut dia, masa panen yang mulai terjadi pada Maret bisa menjadi faktor utama membaiknya kinerja sektor pertanian pada periode ini. "Panen sudah mulai, lihatnya dari sektor, yang namanya pertanian itu, meningkatnya di triwulan satu," ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2019 akan mencapai 5,2 persen secara tahunan (yoy). Proyeksi ini melebihi pencapaian periode sama di 2018 yang tercatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 5,06 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan konsumsi rumah tangga, yang juga penyokong terbesar pertumbuhan ekonomi, menunjukkan pertumbuhan yang baik kurun Januari-Maret 2019.

Sebagai gambaran, konsumsi rumah tangga pada triwulan IV-2018 bisa tumbuh 5,08 persen dibanding triwulan IV-2017, dan juga tumbuh 0,9 persen dibanding triwulan sebelumnya III-2018. "Perkiraan kami Produk Domestik Bruto kuartal I itu bisa mendekati 5,2 persen. Faktornya sudah saya sampaikan didorong permintaan domestik khususnya terkait konsumsi," kata Perry.

Faktor pendorong pertumbuhan ekonomi di paruh pertama tahun ini juga karena melimpahnya stimulus fiskal melalui bantuan sosial pemerintah dan belanja untuk penyelenggaraan Pemilu 2019.


Baca juga: Menkeu sebut asumsi pertumbuhan RAPBN 5,3 - 5,6 persen

Baca juga: Pelaku global prediksi ekonomi Indonesia tumbuh 5,2 persen 2019-2020

 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019